Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Penulis - Kompasianer

tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Inikah Sosok Pengganti Susi Pudjiastuti di Periode Kedua Jokowi?

12 Agustus 2019   06:11 Diperbarui: 12 Agustus 2019   06:19 3252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politikus PDI Perjuangan, Rokhmin Dahuri | republika.co.id/ Yasin Habibi

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang kabar Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti yang marah-marah di media sosial Twitter kepada seseorang karena dituding menghancurkan ekonomi sektoral di bidang perikanan akibat kebijakan-kebijakan yang telah diambilnya.

Kebijakan Susi yang dimaksud adalah terkait penerbitan berbagai larangan serta penerapan sanksi penenggelaman kapal. Dan orang yang menuding Susi tersebut yaitu Rokhmin Dahuri, Mantan Menteri KKP di zaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (9 Agustus 2001-20 Oktober 2004).

Lebih lengkap mengenai artikel saya itu, sila baca: Bu Susi "Ngamuk" Gara-gara Dituding Hancurkan Ekonomi Sektoral.

Awalnya saya mengira Rokhmin ini berlaku sebagai pengamat di bidang perikanan usai tidak menjabat lagi sebagai Menteri KKP. Sekadar informasi, Rokhmin merupakan lulusan Fakultas Perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat. Nama lengkap plus gelar akademiknya yaitu Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS.

Oleh sebab itu, di akhir artikel saya tadi, saya menulis bahwa sebagai seorang pengamat, Rokhmin wajar-wajar saja melayangkan kritikan kepada Susi supaya kinerja KKP meningkat. 

Saya juga mengusulkan mereka berdua bertemu tatap muka membicarakan hal-hal apa saja yang mungkin perlu diperbaiki ke depan. Sekali lagi, saya belum mengetahui detail informasi tentang Rokhmin selain sebagai mantan Menteri KKP dan lulusan Fakultas Perikanan.

Namun ternyata perkiraan saya meleset dan pengetahuan saya bertambah setelah membaca struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024 yang disahkan oleh Megawati Soekarnoputri pada Kongres V PDIP di Bali (8-10 Agustus 2019).

Di antara 27 nama pengurus, di sana ada nama Rokhmin Dahuri yang diberi jabatan sebagai Ketua Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan. Saya otomatis baru tahu kalau dia sebenarnya juga seorang politisi PDIP.

Megawati Soekarnoputri bersama pengurus DPP PDIP periode 2019-2024 di Bali | waspada.co.id
Megawati Soekarnoputri bersama pengurus DPP PDIP periode 2019-2024 di Bali | waspada.co.id
Tidak berhenti pada nama-nama pengurus pusat PDIP periode 2019-2024, saya pun menelusuri lebih lanjut tentang keberadaan Rokhmin di partai itu. Dan saya menemukan, ternyata jabatan kepengurusan di bidang yang sama sudah diemban di periode 2015-2019 (sebenarnya periode 2015-2020, tapi karena Kongres V dipercepat maka hanya sampai 2019).

Sekarang jelas, Rokhmin adalah lulusan Fakultas Perikanan IPB; Mantan Menteri KKP zaman Presiden Megawati; politisi sekaligus pengurus DPP PDIP yang menjabat sebagai Ketua Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan selama dua periode.

Dari informasi terbaru tentang Rokhmin inilah akhirnya saya berpandangan bahwa mungkin saja Susi tidak akan masuk lagi di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun