Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Manusia Biasa

You can teach a turkey to climb a tree, but it's easier to hire a squirrel to do it. - Lyle Spencer | tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Analisis

PA 212 Bakal Gelar Ijtima Ulama ke-4, Sikap Resmi Tinggalkan Prabowo?

3 Agustus 2019   15:12 Diperbarui: 3 Agustus 2019   15:15 315 0 0 Mohon Tunggu...
PA 212 Bakal Gelar Ijtima Ulama ke-4, Sikap Resmi Tinggalkan Prabowo?
Juru Bicara PA 212, Novel Bamukmin | Gambar: suara.com

Untuk ke sekian kalinya, Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) akan kembali menggelar Ijtima Ulama ke-4 pada Senin, 5 Agustus 2019. Lokasi acara bertempat di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Diketahui hotel tersebut merupakan milik Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto, putera bungsu Presiden ke-2 RI Soeharto.

Apakah Tommy Soeharto selaku Ketua Umum Partai Berkarya ikut terlibat menggagas kegiatan sehingga hotel yang digunakan adalah milik pribadinya?

Menurut Ketua DPP Partai Berkarya, Badarudin Andi Picunang, keputusan menggunakan Hotel Lorin tidak ada hubungannya dengan Tommy Soeharto, serta memastikan panitia penyelenggara acara tetap membayar biaya fasilitas hotel.

"Saya kira mengambil tempat di Lorin bukan karena Pak Tommy selaku pemilik (hotel) dan Ketum Berkarya. Mungkin alasannya karena para ulama merasakan kenyamanan di sana, adem karena di luar kota. Lebih fokus," kata Andi.

Baiklah bahwa karena faktor kenyamanan, lalu bukankah Tommy Soeharto cukup dekat dengan PA 212 di mana sama-sama berada dalam satu barisan pendukung Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019?

Apakah artinya Tommy Soeharto sudah tidak sejalan dengan Prabowo? Karena seperti yang diakui Juru Bicara PA 212, Novel Bamukmin bahwa Ijtima Ulama ke-4 digelar sebagai bentuk sikap protes terhadap keputusan Prabowo yang bertemu dengan Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati Soekarnoputri bulan lalu?

Karena sejak awal PA 212 sesungguhnya tidak setuju wacana rekonsiliasi politik antara Jokowi dan Prabowo, namun pada akhirnya tetap dilaksanakan. Bahkan setelah dengan Jokowi, Prabowo selanjutnya bertemu Megawati sambil makan siang bersama.

"Kita melihat rekonsiliasi itu islah, islah itu damai, artinya damai atas kecurangan dan kebrutalan ini gak bisa diselesaikan kalau memang persoalan itu belum diselesaikan," kata Novel.

Novel juga memprotes tindakan Prabowo karena lebih mengutamakan silaturahmi dengan Jokowi dibanding PA 212 sendiri yang sejatinya adalah pendukungnya saat Pilpres 2019.

"(Rekonsiliasi) itu membangun komunikasi silahturahmi antara Jokowi dan Prabowo, nah Prabowo bisa menyambung silahturahmi dengan Jokowi kenapa tidak bisa menyambung silahturahmi dengan kita-kita," ungkap Novel.

Apakah karena alasan itukah sehingga di acara Ijtima Ulama ke-4 nanti Prabowo dan Sandiaga turut diundang? Apakah artinya PA 212 menginisiasi langsung silaturahmi karena Prabowo bersikap pasif terhadap mereka?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN