Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Penulis

[tuho.sakti@yahoo.co.uk]

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Jokowi-Amin Pemenang Pilpres 2019

27 Juni 2019   22:30 Diperbarui: 27 Juni 2019   22:33 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jokowi-Amin Pemenang Pilpres 2019
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Gambar: kompas.com

Setelah melalui proses yang cukup panjang, perhelatan Pilpres 2019 bisa dinyatakan selesai hari ini. Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menyatakan bahwa pemenang Pilpres 2019 adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Hari ini (Kamis, 27/7/2019) majelis hakim memutuskan menolak seluruh gugatan dan permohonan yang diajukan pemohon (Tim Kuasa Hukum BPN Prabowo-Sandiaga). Sidang dimulai pukul 12.45 WIB sampai pukul 21.26 WIB. 

Majelis hakim menilai dalil-dalil yang diajukan tidak beralasan menurut hukum karena pemohon tidak bisa membuktikan dalil permohonannya dan hubungannya dengan perolehan suara. Salinan keputusan majelis hakim akan diserahkan kepada para pihak paling lambat tiga hari, terhitung mulai hari ini.

"Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Anwar Usman, Ketua MK (27/6/2019). 

Rakyat Indonesia tentu masih ingat berapa lama waktu yang dibutuhkan demi suksesi kepemimpinan nasional untuk periode 2019-2024 tersebut, yaitu hampir sepuluh bulan, terhitung sejak masa pendaftaran pasangan calon pada 4 Agustus 2018 silam. 

Beragam dinamika telah dilalui, bukan hanya oleh kedua pasangan calon (Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Subianto), tim sukses, pihak penyelenggara Pemilu, tetapi juga seluruh warga. Suka dan duka, gesekan dan pelukan hampir tiap saat mewarnai aktivitas keseharian anak bangsa.

Apa pun yang sudah terjadi, biarlah terjadi. Tidak ada yang perlu disesali, semuanya harus dijadikan sebagai kenangan bersama. Hal positif diteruskan dan hal negatif ditinggalkan. Hal-hal yang masih kurang juga wajib dijadikan sebagai bahan evaluasi ke depan.

Tidak boleh lagi ada perseteruan, mari saling berangkulan. Sejatinya pemenang Pilpres 2019 bukanlah salah satu pasangan calon, melainkan seluruh rakyat Indonesia. Kemenangan pasangan calon adalah kemenangan bersama.

Jokowi-Ma'ruf Amin yang memenangkan Pilpres 2019, tapi bukan berarti Prabowo-Sandiaga kalah. Prabowo-Sandiaga juga menang karena berhasil melewati persidangan dengan kepala tegak. Prabowo-Sandiaga tidak pernah lari dari arena meski berhadapan dengan lawan tangguh, sang petahana.

Sekali lagi, selamat buat Jokowi-Amin! Mudah-mudahan tidak lupa deretan janji yang sudah diungkapkan kepada masyarakat. Janji adalah hutang yang wajib dilunaskan, meski pada kenyataannya tidak mudah dilakukan. 

Setidaknya ada sebanyak sembilan misi Jokowi-Ma'ruf Amin yang mesti ditunaikan demi visi: "Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong", antara lain:

  1. peningkatan kualitas manusia Indonesia;
  2. struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berdaya saing;
  3. pembangunan yang merata dan berkeadilan;
  4. mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan;
  5. kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa;
  6. penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya;
  7. perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga;
  8. pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya;
  9. dan sinergi pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2