Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... tuho.sakti@yahoo.co.uk

tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Kampanye Paslon 01 di Tangerang Lebih Berwarna

7 April 2019   20:52 Diperbarui: 7 April 2019   20:55 1352 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kampanye Paslon 01 di Tangerang Lebih Berwarna
Ilustrasi: kompas.tv

Hari ini (7/4/2019) dua kubu pemenangan dari masing-masing capres-cawapres menggelar kampanye dan dilakukan di lokasi yang berbeda. Kubu 01 berlokasi di Pasar Lama Kota Tangerang, sedangkan kubu 02 berlokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat.

Tidak hanya lokasi, waktu kampanye kedua kubu juga ternyata berbeda. Kubu 02 menggelar acaranya sejak pagi hari dengan diawali salat subuh berjamaah, sedangkan kubu 01 memulai acaranya pada sore hari dan dimeriahkan iring-iringan karnaval budaya.

Jangan tanya berapa jumlah massa yang hadir di lokasi masing-masing kubu. Sampai saat ini belum terkonfirmasi. Namun khusus kubu 02 diperkirakan mencapai ratusan ribu, bahkan ada yang mengaku jutaan orang.

Apakah benar sampai jutaan? Mungkin saja, tergantung yang dihitung di lokasi mana. Apakah itu semua di SUGBK atau jangan-jangan termasuk orang-orang yang sedang menonton di layar televisi di rumah. Sekadar informasi, kapasitas SUGBK sebenarnya hanya bisa menampung sebanyak 77.193 orang. Dan barangkali ketika dipaksakan bisa saja muat 100.000 orang.

Lalu bagaimana dengan klaim jutaan orang? Mari serahkan kepada pihak 02, merekalah yang mengklaim dan tentu punya hitungan tersendiri. Malah ada yang mengatakan bahwa massa di SUGBK melebihi jumlah massa gerakan 212 yang digelar pada 2017 lalu di Monas.

"Ini (jumlahnya) ngelebihin (aksi di) Monas, kalau boleh dibilang Ka'bah kedua di Jakarta, lihat saja orang-orang kayak tawaf di dalam," ujar Reza, salah seorang pendukung Prabowo-Sandiaga di lokasi.

Jumlah massa melebihi gerakan 212? Bukankah dulu klaim jumlahnya sekitar 7,5 juta orang? Berarti massa di SUGBK lebih dari itu?

Sekali lagi, serahkan saja pada hitungan mereka. Yang jelas, massa di SUGBK memang cukup sesak. Fakta ini yang mungkin bisa diterima.

Bagaimana pula dengan massa kubu 01 di Tangerang, apakah sama atau melebih jumlah massa kubu 02 di Jakarta Pusat?

Belum ada yang menyatakan klaim, pun dari pihak TKN Jokowi-Maruf sendiri. Barangkali itu tidak menjadi soal penting bagi mereka.

Para pasangan capres-cawapres di tiap lokasi, tentu selain membakar semangat para pendukungnya, mereka juga pasti menawarkan berbagai janji atau beragam program supaya kelak pada hari pencoblosan mereka dipilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x