Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Manusia Biasa

tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Pilih Mana, Indonesia Maju atau Indonesia Menang?

19 Januari 2019   14:35 Diperbarui: 20 Januari 2019   09:32 434 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilih Mana, Indonesia Maju atau Indonesia Menang?
https://journalbuzz.co

Dua hal di atas merupakan visi para pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk periode 2019-2024, yaitu pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Visi yang cukup singkat, padat dan belum tentu jelas. Menurut pengakuan mereka, visi tersebut mereka rangkai untuk diwujudkan demi Indonesia tercinta. Betulkah?

Visi versi panjang pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai berikut:

"Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong."

Sedangkan visi versi panjang dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yaitu:

"Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur bermartabat, relijius, berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antar warga negara tanpa memandang suku, agama, latar belakang sosial dan rasnya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

solopost.com
solopost.com
Ternyata versi panjangnya lebih rinci ya? Atau semakin tidak jelas?

Mengenai jelas tidaknya, kita serahkan saja kepada warga yang akan menggunakan hak pilih. Yang pasti, bila dilihat dari uraian kalimatnya, visi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih pendek lagi dibanding visi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Saya tidak ingin menjabarkan satu per satu maksud visi versi panjang dari masing-masing pasangan calon. Saya masih belum mampu memaknai setiap kata yang terdapat di dalamnya. Tetapi setidaknya, para pasangan calon sudah sedikit memaparkannya lewat butiran misi yang mereka susun.

Kita kembali ke visi versi singkat mereka, saya lebih tertarik membahas hal itu.

Secara ringkas, visi bisa diartikan sebagai arah, tujuan atau cita-cita yang akan diraih ke depan atau pun pada periode tertentu. Nah, karena ini visi dari para pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, maka artinya visi berlaku selama lima tahun.

Tiap pasangan calon tentu punya alasan khusus mengapa mereka menentukan visi tersebut di atas. Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan visi "Indonesia Maju" dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan visi "Indonesia Menang".

Bagi sebagian orang, melihat dan membaca kedua visi ini, terkesan mirip dan mungkin sama saja. Sebatas utak-atik kata. Lalu letak perbedaannya di mana?

Sebagai orang yang pernah menyusun visi (dan juga misi) di beberapa organisasi, saya sedikit punya pengalaman dalam memilih kata atau kalimat khusus yang menurut saya tepat untuk saya sampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x