Mohon tunggu...
Tuhfah Maoludi
Tuhfah Maoludi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021 Bidang Pendidikan: Metode Pembelajaran Daring yang Lebih Menarik

19 September 2021   23:00 Diperbarui: 19 September 2021   23:23 51 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak begitu besar dalam kehidupan manusia dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yang ada di Indonesia. Pembelajaran yang berlangsung selama pandemi covid-19 mengalami perubahan yang cukup drastis, karena kegiatan belajar mengajar terpaksa tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka seperti biasanya. Segala kegiatan yang mengharuskan tatap muka atau bertemu secara langsung rentan sekali terpapar penularan covid-19. Oleh karena itu, bidang pendidikan melalukan sebuah perubahan dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada, walaupun teknologi tidak dapat menggantikan peran tenaga pengajar dan interaksi antara pengajar dan pelajar sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerjasama, serta kompetensi. Situasi pandemi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu yang ada dalam bidang pendidikan untuk mengembangkan kreativitas nya dalam menggunakan teknologi.

Melihat fenomena ini, sudah seharusnya mahasiswa ikut andil untuk meringankan kendala yang ada agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Adanya pandemi ini tidak menjadi penghalang bagi perguruan tinggi, khususnya Universitas Pendidikan Indonesia, untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang dilaksanakan secara daring. Mengusung tema "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19", Universitas Pendidikan mengerahkan mahasiswanya untuk terjun ke lingkungan masyakarat, baik di bidang pendidikan maupun ekonomi.

Makadari itu penulis melakukan pendampingan dan penguatan pembelajaran daring kepada guru, wali murid, dan murid. Tak hanya itu, penulis juga fokus dalam melengkapi media pembelajaran yang bervariasi agar murid tidak jenuh, baik berupa video, salindia, ataupun soal. Sebisa mungkin penulis tidak menggunakan aplikasi atau media pembelajaran yang memakan pulsa atau kuota internet terlalu banyak karena akan memberatkan pihak-pihak tertentu. Hasil media pembelajaran yang penulis buat atau kumpulkan kemudian disosialisasikan lewat grup wali kelas dan grup kelas.

Penulis pun melakukan merancang beberapa strategi dalam proses pembelajaran daring agar kegiatan belajar bisa menarik dan mencapai tujuan walaupun hanya melalui kelas online. Dibawah ini beberapa metode yang bisa membuat kegiatan belajar daring lebih menarik.

1.Menggunakan Background yang menarik

Dalam aplikasi zoom terdapat fitur yang dapat mengubah background yang digunakan oleh pengguna aplikasi tersebut. Fitur ini dapat dimanfaatkan agar pembelajaran lebih berwarna dan menarik. Gambar yang dipilih pun harus gambar yang menarik dan tidak monoton, tetapi tidak mengganggu fokus dalam kegiatan pembelajaran.

Gambar yang dipilih sebagai background dapat menjadi pendukung untuk materi yang sedang dijelaskan. Dengan suasana seperti itu, pembelajaran akan lebih menarik dan tidak membuat jenuh.

2.Mengadakan Quiz

Quiz yang dibuat harus sesuai dengan pembahasan materi yang telah disampaikan, bisa berupa tanya jawab singkat secara lisan ataupun tulisan. Agar lebih menarik berikan point pada setiap jawaban yang telah disampaikan, dan point tersebut dapat bermanfaat untuk nilai ataupun hal lainnya yang dapat membuat siswa lebih antusias untuk menjawabnya.

Quiz yang diberikan tidak sebatas hanya dengan tanya jawab, dengan memberikan tantangan pun bisa dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pembahasan yang telah disampaikan.

3.Menampilkan bahan presentasi berupa animasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan