Mohon tunggu...
Rizkia Rahayu Wisuda
Rizkia Rahayu Wisuda Mohon Tunggu...

Female

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Langkah Awal dalam Pendidikan Karakter

19 Agustus 2014   02:09 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:12 67 0 0 Mohon Tunggu...

Nama: Rizkia Rahayu Wisuda

NIM : 1615140145

Jurusan : PG PAUD

Akibat rendahnya kualitas pendidikan Indonesia, banyak terjadi kasus kriminal dikalangan pelajar. Tentu itu sangat berbanding terbalik dengan karakter bangsa Indonesia sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu tidak meratanya fasilitas pendidikan, rendahnya sumber daya manusia, dan mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya pendidikan karakter para pelajar bisa mengenali dirinya sendiri serta mencapaiprestasi setinggi mungkin. Serta tidak adanya tindak kriminal yang mereka lakukan sehinnga mereka bisa menjadi generasi penerus yang berkarakter baik. Semua itu diawali dengan adanya komitmen. Yaitu disiplin terhadap pendidikan karakter itu sendiri. Untuk mencapai sebuah karakter yang baik dibutuhkan disiplin yang ekstra. Disiplin waktu, disiplin berbicara, disiplin bertindak dan disiplin dalam segala hal. Jika seseorang sudah mempunyai komitmen maka ia akan bersungguh-sungguh untuk mencapai semua itu dan menjadi lebih baik lagi.

Seperti yang dikatakan olehKi Hajar Dewantara, dimana ada tiga unsur pendidikan yang harus berjalan dengan seimbang diantaranya yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain pihak sekolah peranan orang tua juga sangat penting bagi pembangunan karakter setiap anak. Orang tua harus bisa mengerti dan mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa yang sering dilakukan anak-anaknya, apakah kebisaan yang baik atau bahkan kebiasaan buruk. Mereka harus bisa mengawasi setiap perlakuan anaknya, dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Sehingga orang tuabisa membantu si anak dalam membangun karakter yang baik dalam dirinya.

Mereka harus memiliki hubungan yang baik dengan anak-anaknya. Tidak hanya sebagai orang tua, mereka juga harus bisa menjadi teman, kakak, bahkan guru bagi anaknya. Tidak hanya dirumah, orang tua juga harus mengetahui hal apa saja yang anaknya lakukan diluar rumah, seperti disekolah, tempat les, atau dimanapun.

Masyarakat atau bahkan lingkungan tempat tinggal juga sangat berpengaruh terhadap pembangunan karakter bagi anak. Lingkungan yang baik bisa menghasilkan karakter yang baik pula. Sebaliknya, jika lingkungan yang kurang baik bukan tidak mungkin anak itu memiliki karakter yang kurang baik pula. Karena ia bisa saja terpengaruh oleh lingkungan masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu mengapa sekolah, orang tua, masyarakat dan lingkungan bisa membantu dan sanagat berpengaruh dalam pendidikan karakter.

Semua masalah itu bisa hilang apabila pendidikan karakter benar-benar ditanamkan dan dijalankan dengan baik. Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan genjatan yang besar dalam bidang pendidikan.Diperlukannya ide-ide baru serta pengembangan disiplin dan komitmen dari setiap badan sekolah agar pendidikan karakter bisa terus ditanamkan kepada para siswa.

Dari solusi diatas diharapkan penanaman pendidikan karakter bisa membuahkan hasil yang maksimal serta melahirkan jiwa disiplin yang memiliki karakter baik. Dan hilangnya semua aksi-aksi kriminal dikalangan pelajar agar mereka bisa hidup damai dan saling menghargai sesamanya. Serta lebih bertanggung jawabnya generasi muda terhadap bangsa Indonesia dan bisa memimpin masa depan ke arah yang lebih baik.

Sumber : http://www.pendidikankarakter.com/langkah-awal-dalam-pendidikan-karakter/

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x