Mohon tunggu...
Tsalits Faizah
Tsalits Faizah Mohon Tunggu... Konsultan - Guru dan Hipnoterapis

Hipnoterapis yang suka nulis aneka problem solving, mental health, masalah keluarga dan relationship lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Menghadapi Orang Bipolar dari Prespektif Seorang Penderita

10 Juni 2024   10:13 Diperbarui: 10 Juni 2024   10:18 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://img2.beritasatu.com/

Cara Menghadapi Orang Bipolar - Sering menulis tentang kesehatan mental bukan berarti saya adalah orang terkuat di bumi ini secara mental. Ini adalah bentuk dukungan saya dari dan untuk sesama.

Sebagai seseorang yang hidup dengan bipolar, saya memahami betapa sulitnya bagi orang lain untuk mengetahui cara terbaik dalam mendukung kita. Bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem, dari mania ke depresi.

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Bipolar?

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi beberapa cara efektif untuk menghadapi dan mendukung seseorang yang hidup dengan bipolar, berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Pentingnya Pengetahuan Dasar

Pertama-tama, penting untuk memahami apa itu bipolar dan bagaimana kondisi ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa bipolar bukan hanya tentang perubahan suasana hati yang biasa.

Tetapi perubahan ini bisa sangat ekstrem dan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan normal. Pengetahuan dasar tentang bipolar dapat membantumu menjadi lebih pengertian dan empatik.

Komunikasi Terbuka dan Jujur

Selanjutnya, komunikasi yang terbuka dan jujur sangat penting. Seringkali, kami yang hidup dengan bipolar merasa sulit untuk mengungkapkan perasaan kami karena takut tidak dimengerti atau dihakimi.

Dengan menciptakan lingkungan di mana kami merasa aman untuk berbicara, kamu bisa membantu kami mengatasi tantangan ini. Dengarkan tanpa menghakimi dan berikan dukungan emosional yang kami butuhkan.

Jangan Mengambil Secara Pribadi

Selain itu, penting untuk tidak mengambil tindakan kami secara pribadi. Perubahan suasana hati yang drastis bukanlah sesuatu yang bisa kami kendalikan sepenuhnya. Terkadang, kami bisa menjadi sangat marah atau sedih tanpa alasan yang jelas. Memahami bahwa ini adalah bagian dari kondisi kami dapat membantumu tetap tenang dan tidak merasa tersinggung oleh perilaku kami.

Mendukung Pengobatan dan Terapi

https://www.siloamhospitals.com/
https://www.siloamhospitals.com/
Mendukung pengobatan dan terapi adalah langkah krusial dalam menghadapi bipolar. Banyak dari kami memerlukan obat-obatan untuk membantu menstabilkan suasana hati, dan terapi untuk memahami serta mengelola kondisi kami. Mengingatkan kami untuk minum obat secara teratur dan mendorong kami untuk menghadiri sesi terapi bisa sangat membantu.

Mendorong Gaya Hidup Sehat

Di samping dukungan medis, penting juga untuk mendukung gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat dapat berkontribusi besar dalam mengelola gejala bipolar. Ajak kami untuk berolahraga bersama, makan makanan sehat, dan menjaga pola tidur yang teratur. Hal-hal sederhana ini bisa membuat perbedaan besar dalam stabilitas suasana hati kami.

Menghargai Kemajuan Kecil

Jangan lupa untuk menghargai kemajuan kecil yang kami buat. Hidup dengan bipolar adalah perjuangan yang berkelanjutan, dan setiap kemajuan, sekecil apapun, adalah pencapaian yang berarti. Dengan menghargai usaha kami, sama dengan kamu memberikan motivasi dan dukungan positif yang sangat kami butuhkan.

Menetapkan Batasan yang Sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun