Agung Budi Santoso
Agung Budi Santoso karyawan swasta

Engineering consultant, freelance writer, and traveler. Pemilik blog di https://takeandshare.wordpress.com/ dan Belajar nulis fiksi di https://www.wattpad.com/user/bubud75/

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menelusuri Pasar Imlek Semawis di Wotgandul, Semarang

14 Februari 2018   12:35 Diperbarui: 14 Februari 2018   12:49 216 3 2
Menelusuri Pasar Imlek Semawis di Wotgandul, Semarang
Panggung Pasar Imlek Semawis 2018 yang berlokasi di Jalan Wotgandul Timur (dok.pri)

Hari Jumat (16/02/2018) akan jatuh sebagai awal Tahun Baru Imlek 2569. Di Semarang kegiatan tahunan dalam rangka menyambut Imlek selalu dimeriahkan dengan adanya eventĀ Pasar Imlek Semawis. Tahun ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah ke-14 digelar oleh Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata.

Berlokasi di sekitar Jalan Wotgandul Timur, Pasar Imlek Semawis tak hanya menyajikan stan bazaar kuliner saja. Ada beberapa stan produk minuman, rokok, jamu, perbankan, PT. Pos Indonesia, dan stan yang memamerkan hasil kerajinan. Untuk PT. Marimas di samping memamerkan produk minuman serbat juga menggelar stan peduli lingkungan yaitu berupa stan Ecobricks.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi


Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi


Apa itu stan Ecobricks ?

Stan Ecobricks adalah suatu stan milik PT. Marimas yang ditujukan untuk mengenalkan pengolahan limbah plastik menjadi barang yang lebih bermanfaat. Ecobrick memanfaatkan botol plastik bekas air mineral kemasan 1500 ml dan 600 ml. Selanjutnya botol plastik bekas itu diisi oleh sampah plastik yang telah dipotong kecil-kecil dalam keadaan bersih dan kering. Dengan perbandingan berat minimal 0,35 volume botol. Adapun cara memasukkan potongan-potongan sampah plastik dengan menggunakan tongkat kecil hingga penuh dan padat. Ecobricks yang sudah jadi dibentuk menjadi gugusan modular dalam tiga varian, yaitu : triangle milstein, hexagon milstein, dan dieleman lego.

Stan Ecobricks ini banyak dikunjungi oleh anak-anak dan ibu-ibu. Mereka ingin mendapatkan pengetahuan tentang cara mengolah sampah plastik. Di samping itu stan Ecobricks juga menawarkan pelatihan gratis untuk umum yang dilaksanakan setiap hari Sabtu di Minggu terakhir pukul 08.30 -- 16.30 WIB. Lokasi pelatihan bertempat di PT. Marimas Putera Kencana, Jalan Candi 1, Blok D20, Kawasan Industri Candi Gatot Subroto -- Semarang. Jumlah peserta dibatasi setiap bulannya maksimal 40 orang dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui aplikasi messenger Whatsapp.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi


Panggung Hiburan dan Wayang Potehi

Di samping itu ada juga panggung hiburan dan pementasan wayang Potehi. Pementasan wayang Potehi digelar sebanyak tiga sesi dari pagi hingga petang. Berkunjung di pasar Imlek Semawis sungguh sangat berkesan. Anda bisa membeli pernak pernik khas Tionghoa di sini. Ada juga stan kaos yang didominasi oleh gambar Shio Anjing dengan nuansa warna merah dan kuning. Tahun ini merupakan tahun bagi Shio Anjing termasuk PT. Pos Indonesia juga turut meramaikan perayaan Imlek tahun ini dengan meluncurkan perangko Shio Anjing. Sementara bank BNI46 meluncurkan kartu Tapcash edisi Imlek.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi


Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Serangkaian acara Pasar Imlek Semawis 2018 yang telah dibuka oleh Walikota Semarang ini akan ditutup pada hari Rabu (14/02/2018). Jika tahun ini Anda belum sempat menyaksikan Pasar Imlek Semawis, sempatkan tahun depan datang ke kota Semarang untuk mengunjungi meriahnya perayaan Imlek dan membeli aneka souvenir khas Tionghoa.(/abs)

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi