Mohon tunggu...
Taufik Mahlan
Taufik Mahlan Mohon Tunggu...

64 th.\r\n

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Menghemat Devisa dengan LNG

13 September 2018   14:44 Diperbarui: 13 September 2018   15:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menghemat Devisa dengan LNG
www.energy.gov

Apa hubungannya devisa dengan LNG? Sampai saat ini LNG adalah penghasil devisa. LNG hampir seluruhnya diekspor. Jika sebagian  LNG digunakan sebagai bahan bakar di dalam negeri, tentu akan mengurangi konsumsi BBM. Bila harga LNG lebih  rendah dari harga BBM impor, maka ada penghematan devisa.

Apa sih LNG itu?

LNG kepanjangannya Liquified Natural Gas. Bahasa Inggris, yang maknanya gas alam yang dicairkan. Biasanya kita sebut gas alam cair saja. Gas alam adalah gas yang berasal dari perut bumi. Sering juga kita menyebutnya gas bumi.

Komponen utama LNG adalah metana, rumus molekulnya CH4 (setiap molekul metana terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen). Persentase berat metana dalam LNG biasanya sekitar 90%. Yang 10% lagi terdiri dari Nitrogen, LPG, dan sedikit komponen BBM. Itulah sebabnya disebut  LNG, bukan LM (Liquified Methane, metana cair).

Komposisi LNG berbeda dari satu sumber ke sumber lainnya. Misalnya, kandungan metana LNG Bontang (Kaltim) lebih rendah dari kandungan metana LNG Tangguh (Papua). Karena kandungan energi per kilogram metana paling tinggi dibandingkan dengan komponen lainnya, maka kandungan energi per kilogram LNG Bontang lebih kecil daripada  LNG Tangguh.

Gas alam mencair pada suhu -160oC  pada tekanan 1 atmosfir. Makin tinggi suhunya, makin tiunggi pula tekanannya.  Pada suhu -130oC, tekanannya sekitar 8 atmosfir, kira-kira sama dengan tekanan LPG (merek Pertamina: Elpiji) yang kita kenal. Di atas -85oC (suhu kritis) gas alam tidak dapat dicairkan berapapun tekanannya. LNG hanya ada pada suhu di bawah -85oC.

Untuk apa gas alam dicairkan? Untuk pengangkutan. Jika gas alam dicairkan pada suhu -160oC, tekanannya tinggal 1 atm, sama dengan tekanan udara luar, dan volumenya menyusut enam ratus kali. Jadi wadah LNG pada suhu ini tidak perlu dalam bentuk bejana tekan, tetapi harus dapat menahan suhu yang sangat dingin (cryogenic). 

Baja karbon (carbon steel) menjadi getas pada suhu cryogenic, sehingga tidak dapat digunakan.  Tetapi alumunium, tembaga, kuningan dan baja anti karat (stainless steel) dapat bertahan sampai suhu yang lebih rendah lagi. Maka lembaran setipis kertas dari bahan-bahan ini dapat digunakan sebagai dinding bagian  dalam pada wadah (tangki) LNG. 

Tangki bagian luar dapat dibuat dari berbagai bahan (baja karbon, beton). Tangki dalam dan tangki luar dipisahkan oleh isolator panas (perlite, atau gelas, atau vakum, atau kombinasinya). Bila tangki semacam ini dipasang pada kapal laut, maka gas alam dapat diangkut dengan efisien. Gas alam dapat diangkut tanpa membangun jalur pipa.

Penggunaan LNG

Sebagai zat cair, LNG tidak dapat terbakar (semua zat cair tidak dapat terbakar). Semua bahan bakar harus dijadikan gas terlebih dahulu, bercampur dengan udara (atau oksigen) pada proporsi yang tepat, baru dapat menyala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4