Mohon tunggu...
Triyono
Triyono Mohon Tunggu... Guru - Misio Dei, Penulis Lembar Uji Kompetensi Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Kristen SD Kelas 2 & 4, BPK Gunung Mulia Jakarta

Menjadi murid sepanjang hidup

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hormatilah Ayah dan Ibumu

21 September 2023   20:08 Diperbarui: 21 September 2023   20:20 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada bulan Juli 2023 usia saya genap 60 tahun, dengan penuh syukur isteri dan kedua anak saya diam-diam telah merencanakan hadiah apa yang tepat untuk ayahnya.  

Istri saya menyediakan lilin ulang tahun, memasak mie,  yang kemudian untuk di nikmati bersama. Anak-anak menyediakan hadiah kejutan yaitu " Batrey Laptop" karena kebetulan dalam beberapa hari ini saya tidak kerja seperti biasanya menulis atau membaca melalui laptop.

Suasana kehangatan  keluarga kecilku sangat terasa menyenangkan  yang diabadikan dengan beberapa foto yang menjadi kenangan kebahagiaan itu. Sebelum menikmati makan dan minuman maka isteri saya berkata "anak-anak dihari istimewa ulang tahun papa ke-60  ini, kita akan berdoa, mendoakan papa secara bergantian dan kemudian kita akan saling mendoakan dan nanti terakhir papa akan  mendoakan kita bertiga."

Keprihatinan di media sosial yang menyayat  hati.

Selang waktu satu bulan kemudian, sepulang kerja duduk diruang tamu, saya mencoba melihat foto ulang tahun penuh kenangan. 

Sambil memegang HP, saya mencoba membuka google kemudian  suasana hati saya menjadikan galau dan sangat gelisah setelah membaca tulisan ini. Hot TOPIK. Viral 3 anak Kompak Buang Ayahnya di Tempat Sampah Kini dibawa ke Panti Jompo, "Miris! Anak Buang Orang Tuanya di Pinggir Jalan di Tangerang". Sudah Disekolahkan Hingga Jadi Dokter, dr A Malah Putuskan Hubungan dengan Orang Tua

Berita itu begitu menyayat hati karena dengan mudahnya dapat diakses di media sosial. Dalam hati bergumam "mengapa anak-anak itu tega membuang orang tuanya dengan tidak manusiawi, sementara menemukan kucing mati dipinggir jalan saja rela membeli kain kafan untuk membungkus layaknya manusia."

Pergumulanku dalam memimpin devosi

Jumat 22 September 2023 saya mendapatkan giliran memimpin devosi bagi seluruh siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA dengan tema "Hormatilah Ayah dan Ibumu" berdasarkan Kitab Ulangan 20:12 dan Efesus 6:1-4. 

Berarti saya harus menyampaikan 2 hal yang penting yaitu kebenaran dan keprihatinan. Sungguh berat satu keprihatinan ganda yaitu: sebagai seorang ayah, sebagai seorang rohaniwan, sebagai seorang guru. 

Menyampaikan berita kebenaran tentang alasan mengapa anak harus menghormati orang tua. Salah satu alasan anak harus menghormati ayah dan ibu adalah karena mereka dipilih Tuhan untuk menerima mandat menjadi wakil Allah sebagai imam dan guru yang harus mendidik anak-anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun