Mohon tunggu...
Tri Wibowo
Tri Wibowo Mohon Tunggu... Pemerhati Sosial dan Kemitraan Perkebunan

Magister Administrasi Publik, Analis Kebijakan Publik, Pemerhati Sosial, IG: wibowotri_ email: the_three_3wb@yahoo.co.id WA: 0852-5249-2814. Pemerhati Perkebunan dan Kemitraan

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Akane Yamaguchi, Tunggal Putri Jepang yang Modern

22 Juli 2019   16:09 Diperbarui: 22 Juli 2019   16:15 0 2 0 Mohon Tunggu...
Akane Yamaguchi, Tunggal Putri Jepang yang Modern
kompas.com

Badminton - Akane Yamaguchi berhasil menjuarai Blibli Indonesia Open 2019 setelah menang melawal tunggal putri India Pursala V Shindu dengan skor 21-15, 21-16. Pemain tunggal putri jepang peringkat dua ini mencuri perhatian dengan permainan impresif dan kombinasi permainan yang apik. Akane Yamaguchi merupakan pemain yang tergolong unik, hal ini terlihat dari tubuhnya yang tidak tinggi dan sedikit gempal. Harusnya hal tersebut menjadi kekurangan untuk pemain yang berlaga disektor tunggal dalam permainan badminton, namun tidak untuk Akane Yamaguchi, pemain ini memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah:

Kecepatan 
Akane memiliki kecepatan diatas rata-rata pemain tunggal lainnya, pemain ini cepat dalam menutupi ruang kosong yang akan menjadi target titik serang lawan. Tak jarang lawan sangat sulit mencari point dalam penempatan bola pada area yang kosong.

Stamina
Kalau kita melihat tunggal putri Indonesia Gregoria M Tunjung sering ngos-ngosan ketika bermain, maka tidak untuk Akane Yamaguchi. Staminanya sangat stabil sehingga lawan pun kesulitan mencari kelemahan dari sisi stamina pemain ini. Stamina yang buruk akan mengakibatkan pukulan-pukulan yang tanggung atau bahkan tidak melewati net ketika hendak melakukan kombinasi pukulan seperti drop shot. 

Kombinasi Serangan
Kombinasi serangan adalah keunggulan lain dari pemain tunggal putri jepang ini. Permainannya sangat atraktif melalui lob serang, netting, dan drop shot. Akan berbeda apabila kita melihat tunggal putri Indonesia Fitriani yang permainannya cendrung monoton dengan mengandalkan pukulan lob serang sebagai senjata utama.

Pertahanan dan Serangan
Keunggulan lain dari Akane Yamaguchi adalah kuat dalam bertahan dan handal pula dalam melakukan serangan. Mungkin kita kira pukulan smash nya tidak akan akurat atau menembus pertahanan lawan, namun justru serangan Akane banyak menghasilkan angka. Pertahanan Akane yang kuat juga akan membuat lawan menjadi prustasi dan memberi peluang untuk Akane melakukan serangan balik.

Sebenarnya bukan berarti Akane Yamaguchi tidak memiliki kelemahan, Akane Yamaguchi memiliki kelemahan dari sisi back hand atau serangan dari sisi kiri pertahanan nya, namun iya bisa menutupinya dengan kecepatan yang ia miliki.

Dari semua kelebihan dan kelemahan yang ada pantas rasanya kita mengatakan bahwa Akane Yamaguchi adalah pemain yang modern. []