Mohon tunggu...
Tri Wibowo
Tri Wibowo Mohon Tunggu... Pemerhati Sosial dan Kemitraan Perkebunan

Magister Administrasi Publik, Analis Kebijakan Publik, Pemerhati Sosial, IG: wibowotri_ email: the_three_3wb@yahoo.co.id WA: 0852-5249-2814. Pemerhati Perkebunan dan Kemitraan

Selanjutnya

Tutup

Politik

Tips Jadi Anggota Dewan dengan Modal Kecil

11 Juli 2019   16:55 Diperbarui: 11 Juli 2019   17:06 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tips Jadi Anggota Dewan dengan Modal Kecil
asn.id

Saat ini menjadi anggota dewan sudah seperti profesi idaman, walau profesi ini hanya berjangka 5 (lima) tahun saja. Beberapa alasan seseorang sangat berminat menjadi anggota dewan adalah penghasilan yang besar, bisa memperoleh banyak proyek baru yang menguntungkan pribadi atau kelompok, dipandang sebagai orang yang berpengaruh oleh masyarakat dan eksekutif. 

Namun menjadi anggota legislatif tidak semudah yang kita kira, ada persaingan yang luar bisa dari ratusan orang yang memperebutkan kursi yang ada, dan yang pasti kita akan menghadapi kompetitor yang lebih pintar, lebih kaya, dan memiliki kelebihan lain yang mungkin kita tidak punya. 

Namun uang bukan segala-galanya walau banyak fakta dilapangan bahwa yang kaya yang bisa beli suaralah yang bisa menang. Namun ada pula kisah rakyat jelata yang hanya berprofesi alakadarnya bisa memperoleh kursi legislatif, jadi bukan tidak mungkin kalau rakyat biasapun bisa sukses dipemilihan legislatif. Berikut adalah tips bagaimana bisa memperoleh lursi legislatif dengan modal kecil.

Pencitraan Akar Rumput

Pencitraan akar rumput ini ibarat menanam pohon, namun kita akan memanennya pada waktu yang lama. Artinya jika anda ingin menjadi anggota legislatif maka persiapkanlah diri anda jauh-jauh hari dengan cara berinvestasi kebaikan seperti berpartisipasi dalam kegiatan sosial, kepanitiaan suatu kegiatan, menjadi kader organisasi yang punya citra baik dan lainnya. Setelan berinvestasi kebaikan jaga dan rawat investasi tersebut. Pada saatnya sudah tepat nama anda akan menjadi pilihan rakyat karena masyarakat telah menganggap anda sebagai sosok yang representatif.

Nabung Itu Wajib

Kalau jadi anggota legislatif tanpa uang sepertinya hampir dipastikan tidak mungkin. Karena untuk maju legislatif kita memerlukan sewa kapal yang namanya partai politik. Terlebih apabila kampanye kita membutuhkan atribut pendukung seperti spanduk dan lainnya. Jadi punya uang itu adalah wajib, tapi jor-joran untuk legislatif juga tidak baik, ingat pergunakan uang yang ada se-efektif mungkin. Buat perencanaan matang atas segala pengeluaran yang ada.

Jaringan Yang Kuat

Perluas jaringan dan kemampuan komunikasi kepada elit-elit yang berpengaruh disuatu daerah. Agar menghindari gesekan atau memperbesar jaringan untuk memuluskan tujuan kita.

Demikian sedikit tips bagaimana kita dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi kontestasi politik