Mohon tunggu...
Tri Wibowo
Tri Wibowo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Amatir

Contac IG: wibowotri_ email: the_three_3wb@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tips Jitu, Mengalokasikan Dana CSR

16 Maret 2019   09:29 Diperbarui: 16 Maret 2019   09:56 1640 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bantuan Perbaikan Jalan Oleh PT. SBW - dokpri

Privat Sektor- Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau biasa dikenal dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), merupakan kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Undang-undang No 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas (UUPT), serta peraturan pemerintah No 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas (PP 47/2012). 

Sangat sulit apabila perusahaan tidak melaksanakan tanggungjawab CSR karena ada sanksi yang menunggu bahkan hingga pancabutan izin usaha. Bukan hanya Sekedar menggugurkan kewajiban, namun Program CSR yang hakiki adalah mendapatkan citra positif perusahaan, menjadi pagar hidup bagi permasalahan sosial, dan profit sustainable

Dalam mengalokasikan dana CSR juga perlu diperhatikan dengan serius, apakah dana tersebut dialokasikan dengan tepat, dengan besaran anggarannya juga sesuai, dan apa dampak atau manfaat yang perusahaan akan terima.

Dalam artikel ini penulis mencoba memberikan tips agar perusahaan dapat mengalokasikan program atau dana dengan tepat, sebagai berikut:

1. Lakukan Observasi 

Perlu diketahui bahwa program CSR dapat dilakukan tidak selalu dengan mengeluarkan dana yang besar. Kita harus mempunyai informasi yang akurat dengan melakukan observasi awal terkait dengan kondisi lingkungan sekitar. Yang perlu di ingat adalah bagaimana PRogram CSR tersebut memang dapat berimbas langsung kepada Perusahaan. 

Apabila observasi telah dilakukan kita bisa merasakan secara langsung seberapa penting bantuan kita kepada masyarakat, dan kita bisa menimbang berapa biaya yang haru keluar. Hal ini dapat menjadi informasi awal atau data awal dalam menetapkan program CSR agar tepat sasaran.

2. Melakukan Filter Terhadap Program CSR

Melakukan filter pada program-program CSR yang kita lakukan ini lebih tepatnya didefinisikan sebagai Skala Prioritas. Sebagai perusahaan, pastinya banyak permintaan bantuan yang masuk baik dari lembaga sosial (LSM), kelompok komunitas, Kelompok jamaah keagamaan dll, yang jumlahnya juga mungkin bisa dikatakan banyak. Kita butuh melakukan filtrasi agar dana yang keluar tepat sasaran. 

Yang perlu di ingat adalah terkait dengan kemampuan perusahaan yang telah melakukan bugeting / Penganggaran biaya selama 1 tahun. Kita perlu melakukan penyesuaian agar program yang ada dapat sesuai dengan anggaran yang tersedia, namun tetap memiliki manfaat bagi masyarakat dan tentunya bagi perusahaan.

3. Jenis Bantuan Yang diberikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan