Mohon tunggu...
Tris Topan
Tris Topan Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kesuksesanku

18 Desember 2017   19:30 Diperbarui: 18 Desember 2017   19:57 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sukses Terbesar Dalam Hidupku

Setiap individu mempunyai tujuan dalam hidupnya, begitupun dengan saya. saya  memandang bahwa materi  bukanlah hal utama tetapi hanya sebatas penunjang untuk menuju kesuksesan yang lebih besar. Maka, sukses terbesar dalam hidup saya menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya, bagi keluarga, bagi masyarakat, dan lebih luas lagi bagi bangsa dan negara. Untuk dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, tentunya saya harus memiliki kemampuan, baik dari segi ilmu pengetahuan, finansial maupun yang lainnya. Hal itu yang sedang saya jalani, saya merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara  dan berhasil lulus Sekolah dan menyelesaikan sekolah dengan baik dan nilai yang cukup memuaskan bagi saya dan kedua orangtua saya.

Saya memiliki keluarga yang sangat sempurna, ayah yang selalu ada waktu untuk keluarga, namun tetap banting tulang untuk bekerja keras untuk mencari nafkah, ibu juga ikut membantu ayah dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk membiayai pendidikan saya. suatu hari, ibu menyampaikan sebuah pesan kepada saya bahwa kelak saya harus bisa sekolah setinggi mungkin hingga mencapai kesuksesan agar dapat membantu kedua orangtua serta orang lain yang membutuhkan bantuan.

Nasihat ibu ini menjadi dasar saya dalam mengukur kesuksesan dalam hidup, yaitu seberapa banyak hal yang sudah berhasil saya lakukan, seberapa konstribusi yang saya berikan untuk orang-orang sekitar melalui pengetahuan, skill, dan prestasi-prestasi yang telah saya raih. Karena motto hidup yang selalu saya pegang adalah 'Dia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. setelah saya menyelesaikan sekolah saya disebuah SMA, saya melanjutkan studi disebuah Universitas Yogyakarta yaitu Universitas Ahmad Dahlan.

Saya sudah mampu berbuat dan meraih beberapa hal penting yang saya anggap sebagai sukses terbesar dalam hidup saya sampai saat ini. Didalam essai ini, saya ingin menjelaskan empat kesuksesan penting yang sudah saya raih untuk membanggakan orangtua serta membantu orang disekitar saya. sukses terbesar pertama yang telah saya raih adalah berhasil menyelesaikan sekolah menengah pertama dengan nilai yang cukup memuaskan. Kedua kesuksesan yang saya raih yaitu, saya dapat menyelesikan sekolah menengah atas walaupun saat itu perekonomian keluarga saya  saat itu serba kekurangan.

Bagi sebagian orang, menyelesaikan SMA mungkin bukanlah hal yang terbesar. Namun, secara pribadi, saya harus mengakui bahwa perjuangan menyelesaikan SMA saya tidaklah mudah karena banyak tantangan yang harus saya lewati. Ketiga, kesksesan yang saya raih yaitu saya dapat meneruskan studi saya disebuah Universitas  ternama di Yogyakarta yaitu Universitas Ahmad Dahlan dengan jurusan yang sangat saya minati dan orangtua saya yang sangat merestui, yaitu dengan jurusan PGSD. Saya berharap dengan saya kuliah mengambil jurusan tersebut saya dapat menjadi guru yang baik nantinya seperti ibu saya.  Sukses terbesar yang keempat saya adalah saya selalu bisa mengikuti segala yang diinginkan kedua orangtua saya, membanggakan, serta tidak pernah membantah segala yang disarankan kedua orangtua saya.

Keempat kesuksesan yang sudah saya raih ini bukanlah tanda untuk saya berhenti, melainkan susunan sebuah anak tangga yang akan menghantarkan pencapaian kesuksesan selanjutnya. Karena segala sesuatu yang saya lakukan dengan Ridha orangtua itu pasti akan mendapatkan Ridha dari Allah Swt, maka dari itu saya selalu mengingat pesan dari kedua orangtua saya. oleh karena itu, teruslah berusaha agar bisa menjadi lebih baik lagi agar dapat bermafaat bagi seluruh orang disekitarmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun