Mohon tunggu...
Tri Soleah
Tri Soleah Mohon Tunggu... Operator - Tri, 20 tahun

Learn, Unlearn, Re-Learn

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

JNE dan Dua Fungsinya untuk Indonesia Lebih Maju

5 Januari 2022   19:57 Diperbarui: 5 Januari 2022   20:14 197 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perekonomian lumpuh sejenak karena pandemi covid-19 yang tak kunjung berlalu. Berbagai sektor dalam negeri terdampak. Salah satunya, sektor ekonomi. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah salah satu yang paling merasakan dampaknya. Berbagai usaha harus gulung tikar jika tak mampu bersaing dan menggaet pasar. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan menjamurnya berbagai marketplace, para pelaku usaha termasuk pemilik UMKM dapat bangkit kembali. Dengan menjual produk-produknya secara online, pasar menjadi semakin luas, dan menjangkau tidak hanya masyarakat yang dekat, namun juga luar pulau hingga lain negeri. Pembayaran pun semakin mudah dengan adanya dompet digital seperti OVO, Gopay, Dana, dan lain-lain.

Konsumen pun hanya perlu menunggu barangnya sampai diantar layanan pengiriman yang mereka pilih, tanpa perlu khawatir paketnya tak akan sampai. Salah satu yang banyak diminati adalah melalui JNE (PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir). Sebagai pemain lama dalam bidang pengiriman barang dan logistik, JNE berperan menjembatani kebutuhan banyak pihak; konsumen dan marketplace yang butuh barangnya diantar dengan aman dan cepat, dan para seller sendiri.

Dengan banyaknya layanan dari JNE, baik konsumen dan pelaku usaha akan sangat terbantu. Dengan layanan JNE JTR (Trucking) misalnya, pengiriman barang dengan berat minimal 10 kg dengan truk melalui baik jalur darat maupun laut, pelaku usaha akan sangat terbantu dengan menghemat ongkos kirim. Ongkos yang kompetitif membuat pengiriman semacam ini menjadi alternatif masyarakat yang ingin membeli barang dalam jumlah besar atau barang berat melalui belanja online di marketplace.

Selain layanan JNE JTR, JNE memiliki keunggulan lain yang berpihak pada para konsumen. Sebut saja JNE YES (Yakin Esok Sampai), layanan dengan waktu sampainya paket keesokan harinya, termasuk pada hari libur, atau JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) yang menawarkan ongkos murah dengan selisih waktu diterimanya barang sedikit lebih lama dari layanan reguler mereka. Tak hanya itu, ada juga HARBOKIR. Hari Bebas Ongkos Kirim.

Hal yang saya suka dari JNE, sebagai salah satu konsumen yang kadangkala belanja online, adalah kecepatannya pada pengiriman ke daerah yang termasuk pelosok, jauh dari hiruk pikuk kota semacam daerah saya. Selain itu, ongkosnya pun cukup murah. Kurirnya ramah dan paket sampai dengan aman.

Dengan banyaknya keunggulan layanan JNE, membuat konsumen betah menggunakan layanan pengiriman yang satu ini.  Kebutuhan akan gadget, baju, perintilan make-up, dan tetek bengek fesyen, hingga alat elektronik seperti TV, laptop, dan komputer, serta berbagai barang baik pokok maupun sekunder lainnya kini banyak dijual di berbagai marketplace. Sebagai jasa pengiriman barang, JNE masih tetap eksis melalui kepercayaan pelanggan akan keamanan layanannya. Secara tak langsung, dengan berbagai layanannya JNE seolah menjalankan fungsinya yang pertama yaitu dengan menunjang kebutuhan akan gaya hidup di era digital ini.

Selain fungsi pertamanya, kehadiran JNE selama 31 tahun ini juga berperan dalam mendukung bergeraknya roda perekonomian level mikro di tengah gempuran pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung. Ini adalah fungsinya yang kedua. Para pelaku usaha tentunya sangat terbantu dengan kehadiran JNE sebagai jasa pengiriman barang untuk produk-produk mereka.

Akhir kata, selamat ulang tahun yang ke 31 JNE. Umur yang cukup dewasa dalam merajai jasa pengiriman barang. Teruslah eksis dan berjaya. Semoga terus melakukan inovasi dan perbaruan bagi kebutuhan konsumen, selagi ikut memajukan Indonesia dan membantu perputaran roda ekonominya. Indonesia maju bersama JNE!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan