Mohon tunggu...
Drs. Trisdyanto, M.Pd.
Drs. Trisdyanto, M.Pd. Mohon Tunggu... -

Guru Matematika SMPN 1 Bungoro Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Lahir di Malang, beragama Islam, Status Menikah, Masa kerja 15 tahun.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

E-Training P4tkmatematika Luar Biasa

6 September 2013   20:47 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:15 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bergelut dengan dunia internet seperti halnya memasuki dunia baru yang begitu luas hamparannya, bukit-bukitnya, lembah-lembahnya, gunung-gunung dengan guwa-guwa yang tersembunyi, jumlahnya banyak, sangat beragam, penduduknya banyak, luar buasa layaknya kehidupan nyata.

E-Training p4tkmatematika dalam rangka Diklat Onlien 2013 bagi guru-guru matematika memberikan dorongan yang kuat bagi pencapaian kompetensi guru matematika bergelut dengan dunia pembelajaran matematika yang perlu mendapatkan dukungan perangkat IT.

E-Training p4tkmatematika sebagai satu situs interaktif memberikan kesempatan kepada peserta untuk interaktif dengan tugas-tugas belajar yang telah diprogramkan dan juga interaktif dengan narasumber serta sumber belajar lainnya, seperti video turorial, buku panduan, hand out, dan termasuk sesama peserta lainnya, yang banyak memiliki kelebihan-kelebihan tertentu. Banyaknya sumber belajar tersebut merupakan hal yang sangat positif bagi pengembangan kemampuan yang bersentuhan dengan kebutuhannya dan pemenuhannya melalui dunia maya.

Mengenal E-training, merupakan wadah atau forum belajar peserta dklta online yang ditempuh dengan cara memasukinya dengan menggunakan user name dan password yang diberikan oleh panitia.Setelah melakukan login, peserta harus masuk pada kelas angkatan. ini merupakan bentuk kehadiran umum peserta di diklat online. Kehadiran yang lebih penting lagi a dalah pada forum-forum diskusi, peserta dapat melakuan sharing, konfirmasi, bertanya, menjawab pertanyaan, komentar, memberikan inspirasi bagi sesama peserta, menampilkan hasil-hasil belajar pada setiap materi pelatihan, dan berdiskusi dengan sesama teman sekelompok atau peserta lainya.

E-Training hadir dengan sistem pelatihan, yakni menyajikan bahan-bahan belajar dan tugas, dan forum diskusi atau konsultasi dengan  narasumber. Hadirnya video-video turorial sangat membantu peserta dalam memahami contoh-contoh dan prosedur yang ada pada buku-buku panduan.

Setiap hari sesuai jadwal yang disusun untuk semua materi pelatihan secara berurutan disajikan kepada peserta. Tetapi sayang, tidak semuanya bisa diikuti selalu lancar  pada hari itu juga, karena banyak faktor yang menjadi kendala. Sehingga terasa pelatihan ini padat sekali jadwalnya. Bagi peserta yang sudah banyak pengalaman mungkin tidak seperti yang saya rasakan, yakni terasa tertatih-tatih dengan peralatan yang seadanya (sudah tua), fasilitas pendukung yang penting ada, waktu yang ada, kemauan yang keras sehingga dapat mengikutinya walaupun selalu terlambat.

Inilah kelebihan e-training yakni pelatihan pada sebarang waktu dan sembarang tempat, yang penting aktif terus secara autodidak menggunakan sumber belajar sebanyak-banyaknya yang sudah tersedia di dunia maya ini.

Banyak hal positif yang saya rasakan dengan e-traning ini. Mencari file di internet merupakan keharusan dan sudah biasa, tetapi menyediakan file di internet belum terlalu biasa. Melihat video di youtube mungkin biasa, mendownload  hampir tidak pernah karena program aplikasinya biasa terbatas, lebih-lebih mengupload vdeo di internet hampir tidak pernah. Dengan e-training ini semua dilatih dan dituntut untuk bisa melakukannya.

Semua materi yang disajikan dalam e-training  sangat menarik dan memang menjadi kebutuhan guru matematika, sangat bermanfaat. Apabila menguasai semua materi pelatihan dengan segenap pengalaman yang memadai, maka bisa menjadikan guru matematika semakin percaya diri dan mampu menghasilkan karya-karya inovasi bagi mudahnya pembelajaran matematika.

Kesulitan yang sering dihadapi sangat bervariasi, seperti lambatnya loading perangkat komputer yang digunakan, trouble pada laptop atau PC, sistem operasi yang  kadang kurang mendukung, penguasaan materi awal yang sangat minim,  Semua itu menjadi penghambat kelancaran proses belajar. Durasi waktu yang disediakan dengan kenyataan masih kurang berimbang.

Sesuai dengan hambatan-hambatan yang dialami di atas maka perlu bagi peserta mendapatkan kesempatan yang memadai dengan batasan waktu tambahan setelah berakhirnya jadwal pelatihan nanti. Seyogyanya panitia memberikan toleransi waktu tambahan untuk penyelesaian tugas-tugas yang kemungkinan bisa terlambat dari jadwal yang dilaksanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun