Mohon tunggu...
Tri Reqi Putri yusufanda
Tri Reqi Putri yusufanda Mohon Tunggu... Lainnya - Tri Reqi Putri yusufandaspi1

Tri Reqi Putri yusufanda - spi 1 - 211104040013

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Makna Sila Pancasila Ketiga, Persatuan Indonesia

27 November 2021   07:00 Diperbarui: 27 November 2021   07:08 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setiap sila pancasila memiliki nilai yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam hidup bernegara. Termasuk nilai Persatuan Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki keberagaman ras, budaya, suku, dan adat istiadat. Dari keberagaman tersebut dikatakan sebagai sebuah kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Akan tetapi kekayaan yang dimiliki oleh negara Indonesia sangat rentan terjadinya suatu konflik yang terjadi di kalangan masyarakat. Konflik yang terjadi akan membuat sesama Indonesia saling membenci satu sama lain. Konflik yang terjadi terus menerus akan memicu perpecahan.

Nilai sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia memiliki makna bahwasannya dengan adanya perbedaan ras, suku, budaya, dan adat istiadat. Maka jadikanlah perbedaan sebagai keberagaman. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap menjadi satu kesatuan. Karena dengan adanya perbedaan bangsa Indonesia dikenal sebagai Negara yang kaya akan adat istiadatnya.

Sudah terterah pula dalam semboyan bangsa Indonesia yakni "Bhineka Tunggal Ika" yakni Beraneka ragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa negara Republik Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan