Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Strategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial

30 September 2021   15:26 Diperbarui: 1 Oktober 2021   07:30 961
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marketing Strategy Melalui Media Sosial | Sumber: Freepik via grid.id

Kemajuan pesat disertai meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah fenomena yang saat ini meluas di kehidupan sehari-hari masyarakat kita.

Tidak diragukan bahwa pandemi Covid-19 telah memiliki kontribusi yang penting sebagai satu dari sekian banyak pemicu akselerasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai sektor kegiatan.

Seperti dimaklumi, tidak semua negara memberikan kesempatan yang sama kepada rakyatnya dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. 

Dengan alasan untuk kestabilan politik dan keamanan, beberapa negara mengambil kebijakan pembatasan yang ketat terhadap akses internet atau bahkan melarang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang disertai akses internet untuk umum.

Dengan demikian dapat diakui bahwa percepatan dan meluasnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tidak lepas dari kebijakan pemerintah saat ini yang memberikan kemudahan, sarana, dan prasarana disertai dengan relatif terbukanya sistem sosial politik dan budaya yang kita miliki. 

Hal ini juga menyangkut sikap mental sosial budaya masyarakat dalam menghadapi kian massifnya penggunaan teknologi informasi mutakhir yang semestinya bukan dihindari tapi untuk dikuasai sebagai alat meningkatkan kesejahteraan.

Di negara kita, pemerintah justru secara konsisten terus berusaha mewujudkan transformasi digital dan termasuk memberikan dukungan serta mengembangkan potensi ide dan kreativitas untuk membentuk perusahaan rintisan (startup) digital.

Hingga saat ini di Indonesia penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang terus disempurnakan secara relatif sudah cukup banyak menjangkau hingga seluruh lapisan masyarakat yang tersebar di berbagai pelosok negeri di ratusan ribu pulau besar dan kecil.

Seperti dilaporkan Kompas data menunjukkan bahwa dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosial mencapai 170 juta. Artinya, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu para pemilik usaha dan khususnya pegiat bisnis yang cerdas secara intensif pun kian banyak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam strategi pemasaran yang dinamis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun