Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tidak Hanya Bersatu, Kita Juga Harus Bekerja Sama

3 Desember 2020   14:33 Diperbarui: 29 April 2021   11:33 466 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Hanya Bersatu, Kita Juga Harus Bekerja Sama
Suasana pelaksanaan kegiatan organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia. | Dokpri

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia biasa membentuk kelompok sebagai bagian dari nalurinya untuk dapat mempertahankan hidup.

Tujuan membentuk kelompok itu pada awal peradaban manusia merupakan naluri untuk melawan predator, untuk menangkap hewan buruan, untuk mencari perlindungan, dsb. Namun saat ini tujuan berkelompok menjadi lebih kompleks dan lebih luas, mengikuti kebutuhan yang kian beragam.

Secara umum sudah dipahami bahwa lebih mudah untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan pekerjaan bila dilakukan secara berkelompok. Namun demikian fakta menunjukkan bahwa tidak semua kelompok dapat berjalan secara efektif. 

Ada satu prinsip tertentu yang harus dijalankan agar sebuah kelompok bisa berjalan secara efektif dalam mencapai tujuan yaitu kerja sama. Termasuk dalam hal ini adalah saling mendukung, berbagi tugas sesuai keahlian, dan menjalankan tugas sesuai sasaran yang sudah direncanakan.

Hal ini sesuai dengan pengertian organisasi yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan secara bersama.

Prinsip Manajemen

Agar sebuah kelompok mampu berjalan efisien dan efektif, kita mengenal adanya prinsip-prinsip yang disebut sebagai prinsip manajemen. Adapun prinsip manajemen yang paling terkenal dikemukakan oleh Henry Fayol (1841 - 1925). 

Ia memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen melalui bukunya yang berjudul "Administration Industrielle et Generale" (1916) yang diterjemahkan ke bahasa inggris sebagai "General and Industrial Management".

Dari empat belas prinsip manajemen yang dikemukakan oleh Henry Fayol, satu di antaranya menyebutkan syarat adanya semangat kesatuan dalam sebuah organisasi. Prinsip semangat kesatuan dalam organisasi harus dikembangkan dan dibina melalui sistem komunikasi yang baik sehingga dapat terwujud kekompakan kerja dan muncul keinginan untuk mencapai hasil yang baik (Baca: Kompas).

Kita beruntung hidup di Indonesia yang memiliki budaya musyawarah dalam bekerjasama untuk memperoleh jalan keluar untuk mengatasi segala persoalan, menjaga Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, utuh dan bertahan dari segala tantangan.

Dalam hal ini negara memberikan kebebasan setiap orang untuk berkelompok, berserikat atau membentuk organisasi. Setiap orang boleh berkumpul dan membentuk identitas dengan organisasi yang didirikan sepanjang tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Bentuk-bentuk Organisasi

Ada banyak organisasi didirikan di Indonesia. Keberadaan organisasi ini semestinya dapat bermanfaat untuk anggotanya. Dengan adanya berorganisasi orang yang memiliki kesamaan atas dasar kebutuhan, kepentingan, dan minat tertentu dapat berkumpul, bertukar pikiran serta bekerja sama sesuai dengan visi dan misinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN