Mohon tunggu...
Hansen
Hansen Mohon Tunggu...

I can do all things through Christ who strengthens me.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pers Berpolitik?

10 Februari 2017   11:54 Diperbarui: 10 Februari 2017   12:31 770 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pers Berpolitik?
PERS Berpolitik?

Pers butuh politik? Atau politik butuh pers? Ya memang kedua hal tersebut tak bisa dipisahkan. Mereka ibarat simbiosis mutualisme yang pasti menguntungkan kedua belah pihak. Tapi ketika awak pers terlibat dalam dunia politik, saya rasa kode etik jurnalistik harus benar-benar kuat di pegang oleh pers tersebut. Cover both side bukan hanya sebagai pegangan tapi harus benar-benar diterapkan. Kepada siapa lagi masyarakat dapat mendapat informasi jika bukan dari pers. Jangan sampai opini masyarakat justru terbentuk karena opini dari pers itu sendiri.

PILKADA 2017 saya rasa issue ini sedang hangat-hangatnya sekarang ini, banyak sekali pihak-pihak yang mencoba membentuk opini ke publik terkait pilihannya. Banyak cara dilakukan baik itu Black Campaign, Berita Hoax yang memprovokasi, dll. Saya selaku orang yang bergerak dekat dengan dunia ini, mengerti betul tentang hal ini. Media-media besar juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat mencerna dan mengerti baik-baik informasi yang mereka dapatkan.

Di samping itu perlu rasanya pemerintah juga memberikan sertifikasi kepada sebuah media pers yang independen dan beritanya juga layak dijadikan sumber informasi yang berimbang. Sebagai masyarakat yang awam mungkin akan sangat mudah dibentuk opininya jika mereka menerima informasi dari media pers yang memiliki kepentingan politik.

Maka dari itu mari kita harus menjadi masyarakat yang cerdas, jangan mudah terbentuk opininya oleh informasi-informasi yang memprovokasi atau yang menjatuhkan salah satu pihak.

Salam Pers

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x