Mohon tunggu...
Tri IndahRahmadhani
Tri IndahRahmadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sriwijaya

Ketika ada waktu luang saya suka membuat konten

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Project untuk Lansia

4 Oktober 2022   21:30 Diperbarui: 4 Oktober 2022   21:32 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Assalamulaikum temen-temen milenial

Kenalin nama aku Indah, mahasiswa semester 7 di Universitas Sriwijaya. Jadi cerita kali ini berhubungan sama kuliah aku nih guys. Dalam perkulihan semester ini ada beberapa mata kuliah yang harus ditempuh, salah satunya itu mata kuliah pendidikan lansia yang di ampu oleh 2 dosen, yaitu Ibu Dr. Azizah Husin, M.Pd dan Ibu Yanti Karmila Nengsih, S.Pd., M.Pd . Dalam mata kuliah ini belajar banyak hal banget gaes, salah satunya itu ngingetin aku sama kegiatan yang aku ikutin di tahun lalu.

Ditahun 2021 kemarin, aku ikut kegiatan Pejuang Muda yang merupakan program dari Kementrian Sosial guys. Qodarullah aku bisa dapet penempatan di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Jeneponto. Nah di kegiatan ini aku beserta tim ku membuat suatu project, project ini tujukan pada kaum lansia dan juga milenial.

Porject yang kita usung dalam kegiatan ini yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Panaikang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto Melalui Pelatihan Anyaman Daun Lontar dan Digital Marketing", dimana sasaran dari program pelatihan menganyam adalah para lansia dan pelatihan digital marketing untuk remaja disana. Semangat para lansia untuk diberdayakan sangat luar biasa, dengan semangat mereka mengahadiri program pelatihan menganyam yang kami adakan. Alasan pelatihan menganyam ini dipilih yaitu karena sumber daya alam daun lontar yang kurang pemanfaatannya dan para lansia yang memiliki kemampuan menganyam yang kurang dikembangkan. Lewat project inilah aku sadar bahwa yang butuh untuk diberdayakan itu bukan hanya masyarakat usia produktif, para lansia yang usianya sudah tidak produktif pun perlu kuta berdayakan. Dari alasan ini juga membuat saya pemikiran saya lebih terbuka lagi, saya yakin disetiap daerah di Indonesia juga dibutuhkan kaum lansia yang perlu di berdayakan. Selain pelatihan menganyam ada juga project pelatihan digital marketing, nah dari project inilah kita berharap kaum milenial mampu mengembangkan potensi yang ada agar lebih berkembang. Kerajinan yang dihasilkan dari keterampilan menganyam bisa arahkan ke pemasaran yang lebih luas agar bisa menjadi UMKM di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Jadi gimana guys, ternyata penting juga ya untuk kita memberdayakan para lansia. Semoga dari pengalaman yang aku ceritakan ini bisa menginspirasi kita semua, Aamiin. Jikalau ada salah kata di penulisan ini aku minta maaf ya gaes :)

Semangat milenial and see you bye-bye :)

Wassalamualaikum...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun