Mohon tunggu...
Tri Mantili
Tri Mantili Mohon Tunggu... Penulis Senja

Menulis untuk menyebarluaskan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Mengukur Kekuatan Cor Beton

22 Januari 2019   14:32 Diperbarui: 22 Januari 2019   14:36 1357 0 0 Mohon Tunggu...

Mengukur Kekuatan Cor Beton - Membuat suatu bangunan membutuhkan pengetahuan dan teknik khusus agar bisa mendapatkan hasil bangunan yang baik dengan kualitas terbaik dan biaya yang efisien. Bila dikerjakan secara sembarangan maka kualitas bangunan tidak sebaik yang dibayangkan dengan biaya yang semakin membengkak.

Dalam membangun sebuah bangunan, salah satu proses pentingnya adalah membuat cor beton. Bagian ini merupakan bagian penting yang akan mempengaruhi kekuatan bangunan dan sekaligus memakan biaya yang paling tinggi dalam pembuatannya. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cor beton suatu bangunan :

1. Mengetahui Jenis Mutu dan Fungsi Beton Cor

Akhir - akhir ini cor beton siap pakai atau beton ready mix sedang populer. Padahal dulunya cor beton ini digunakan untuk jenis bangunan tertentu saja, namun kini jenis beton tersebut sudah banyak digunakan pada berbagai bangunan. Bahkan kini para developer banyak menggunakan beton jenis ini untuk mendapatkan hasil cor beton dengan kualitas terbaik dan biaya yang sehemat mungkin.

Akan tetapi dalam menentukan cor beton yang sesuai untuk bengunan Anda bukanlah hal yang mudah karena Anda harus tahu fungsi dari setiap campuran mutu beton tersebut. Sebagai gambaran berikut adalah jenis mutu beton dan penggunaannya :

K-B0 - K-100 : digunakan untuk jenis konstruksi non struktural

K-125 - K-300 : digunakan untuk jenis konstruksi struktural seperti, plat lantai, pondasi, balok, kolom dan jalan

K-325 - K-500 : digunakan untuk jenis konstruksi khusus atau pratekan

Proses pengecoran merupakan proses yang tidaklah mudah untuk mendapatkan kekuatan cor beton yang sempurna, disini diperlukan perhitungan rasio yang tepat pada komposisi takaran air, semen, pasir dan lainnya. Disini Anda juga harus dapat menentukan mutu beton yang tepat untuk bangunan Anda, penentuan jenis mutu beton ini dimaksudkan untuk menyesuaikan kebutuhan kekuatan cor beton pada jenis bangunan anda. Hal ini tentu akan membuat penggunaan cor beton menjadi tepat dan dengan biaya yang efisien.

2. Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton

Setelah cor beton selesai dibuat maka Anda juga perlu memastikan kekuatan cor beton yang dibuat sudah sesuai. Disini Anda memerlukan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kekuatan beton tersebut, agar tidak merusak beton tersebut maka Anda dapat menggunakan jenis alat uji NDT yang tidak merusak beton. Hardness tester yang menggunakan metode pengukuran ultrasonik dapat Anda gunakan untuk mengukur kekerasan beton.

VIDEO PILIHAN