Mohon tunggu...
Tri Handayani
Tri Handayani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Konten Media Model Bisnis Baru Dimasyarakat Indonesia

15 Juli 2018   15:48 Diperbarui: 15 Juli 2018   17:28 1548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

    KONTEN MEDIA MODEL BISNIS BARU DI MASYARAKAT INDONESIA (CONTENT CREATION)

                                                                                     TRI HANDAYANI

                                                                                     (1600030023)

                                                                                    ILMU KOMUNIKASI

                                                     UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Model bisnis baru, peran konten media pada model bisnis baru yaitu adanya konsep mengenai konten hasil buatan pengguna situs online non-profesional banyak memberikan perubahan bagi user internet itu sendiri termasuk memberikan perubahan kedalam media periklanan. Berbagai konten media yang dihasilkan sekarang ini dianggap sebuah model bisni baru. 

Dengan menggunakan berbagai konten pada pemasaran suatu perusahaan merupakan sebuah potensi besar yang dapat dijadikan peluang dalam menyediakan target pasar yang lebih terarah. 

Tersusun sistematis dan berpusat bagi perusahaan mereka. Dalam menarik minat khalayak secara lebih luas perusahaan media mulai menyadari bahwa pengguna dapat membuat berbagai bahan yang menarik yang dapat disesuaikan dengan model bisnis mereka. Perusahaan baru sekarang ini meramalkan akan terjadinya peningkatan berbagai konten guna bisnis mereka yang dihasilkan di dalam industri media seperti youtube dan facebook.

Sedangkan perusahaan yang masih menggunakan media konvensional dalam bisnis mereka sudah lama berdiri masih berpikir panjang guna menggaji jauh lebih dalam peluang-peluang bisnis yang diberikan melalui berbagai konten yang dihasilkan. 

Melalui konten berbagi foto dan video yang terdapat pada situs jenjaring sosial seperti vine dan instagram yang sekarang ini begitu popular di masyarakat, berbagai merek atau label besar maupun kecil berusaha menarik minat pelanggan baru maupun pelanggan yang dianggap potensional agar kembali ke situs web perusahaan mereka melalui sebuah pengalaman sosial yang kaya.

Munculnya konten media sendiri ditandai dengan adanya pergeseran pada organisasi dari sebuah media yang awalnya sebagai pembuat konten online kini beralih menjadi penyedia fasilitas bagi para amatir dalam mempublikasikan konten mereka sendiri. Konten media juga telah ditandai sebagai bentuk Citizen Media yang bertentangan dengan Packaged Good Media dari abad lalu yang telah ada. 

Sedangkan Citizen Media merupakan sebuah sebuah hasil umpan balik dan cakupan sebuah berita yang telah dibuat oleh para audien atau publik. Para audien atau publik yang memberikan sebuah hasil umpan balik dan cakupan sebuah berita ini kemudian mereka memberikan ulasan mereka dan berbagi cerita dalam bentuk user-generated, user-uploaded audio, and user-generated video atas konten-konten media yang dibuat oleh pengguna situs-situs online.

Adapun jenis-jenis konten media yang telah dibuat pengguna situs online yaitu: 1) Forum internet, yang memberikan manfaat bagi orang-orang agar dapat membicarakan tentang berbagai topik-topik yang berbeda. 2) Blog, merupakan sebuah layanan, dimana para pengguna dapat post tentang banyak topik-topik atau permasalahan yang paling penting. Konten atau layanan dari media blog berupa Blogger, Tumblr, dan WordPress, lalu ada wiki, dimana setiap pengguna anonim dapat mengedit dan membuat perubahan pada artikel yang ada pada wiki.

3) Facebook, Twitter, Instagram, di mana para pengguna media dapat berinteraksi dengan orang lain, menulis atau menyampaikan sebuah pesan atau chatting sesuai dengan konten yang disediakan dalam media sosial tersebut.

Contoh konten buatan pengguna yaitu: pertama, Wikipedia merupakan salah satu database yang didalamnya terdapat pengguna konten media terbesar di dunia dan dibuat oleh penggunasitus itu sendiri untuk menggunakan konten yang terdapat didalamnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun