Mohon tunggu...
Trifebi Shina S
Trifebi Shina S Mohon Tunggu... Informatika

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bersama Petugas Puskesmas Cempaka, Mahasiswa UMM Lakukan Screening PTM Tokoh Masyarakat KBU

13 Agustus 2020   17:07 Diperbarui: 15 September 2020   12:37 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Petugas Puskesmas Cempaka, Mahasiswa UMM Lakukan Screening PTM Tokoh Masyarakat KBU
Kepala Puskesmas Cempaka, Lurah Kelurahan KBU, Perwakilan Kecamatan bersama Mahasiswa PMM UMM Kelompok 72. (Dok. Pribadi)

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, nyaris seluruh kegiatan terpaksa harus ditunda. Salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Muhammadiyah Malang dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kegiatan KKN kali ini dikemas dalam kegiatan yang berjudul Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). 

PMM sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan tujuan memberikan manfaat kepada masyarakat di lokasi pengabdian selama minimal 1 bulan penuh. 

Salah satu kelompok yang sedang melaksanakan kegiatan PMM ini adalah kelompok 72 PMM Bhaktimu Negeri yang diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Wahyudi Kurniawan, S.H., M.H.Li. Lokasi pengabdian yang dipilih oleh mahasiswa kelompok 72 kali ini adalah Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kota Banjarmasin.

Kelompok mahasiswa ini telah melakukan screening PTM (Penyakit Tidak Menular) bersama dengan petugas kesehatan Puskesmas Cempaka terhadap para tokoh masyarakat Kelurahan Kertak Baru Ulu dalam acara Lintas Sektor Triwulan Kertak Baru Ulu yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Cempaka Banjarmasin, Rabu (12/8/2020) pukul 09.00  sampai dengan  pukul 11.00 WITA. Kegiatan screening PTM yang dilakukan adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut dan mengukur tekanan darah.

Mahasiswa PMM UMM ketika sedang melakukan screening PTM terhadap tokoh masyarakat Kelurahan KBU. (Dok. Pribadi)
Mahasiswa PMM UMM ketika sedang melakukan screening PTM terhadap tokoh masyarakat Kelurahan KBU. (Dok. Pribadi)

Puskesmas Cempaka rutin mengadakan pertemuan Lintas Sektor Triwulan dengan Camat, Lurah, Ketua Dewan Kelurahan, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Kader Posyandu, Babinsa, Babinkamtibmas, dan lain-lain. Kelurahan Kertak Baru Ulu yang merupakan salah satu kelurahan dalam wilayah kerja Puskesmas Cempaka mengikuti pertemuan tersebut pada 12 Agustus 2020.

Kepala Puskesmas Cempaka Banjarmasin, drg. Emma Ariesnawati, MM., mengatakan kegiatan lintas sektor kali ini dikolaborasikan dengan pelaksanaan screening PTM (Penyakit Tidak Menular) kepada seluruh peserta pertemuan dengan harapan dapat mendeteksi dan mengontrol penyakit-penyakit tidak menular yang ada. Pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas dari protokol kesehatan yang ketat dengan seluruh peserta wajib menggunakan masker, menjaga jarak, penyediaan sarana cuci tangan serta handsanitizer, dan dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermogun.

Adanya kehadiran mahasiswa PMM UMM dirasa sangat membantu pelaksanaan kegiatan tersebut. Koordinator Kelompok 72 PMM, Trifebi Shina, juga mengatakan bahwa dengan membantu pelaksanaan screening PTM ini memberikan pengalaman serta wawasan baru kepada mahasiswa di kelompok mereka, "selama pelaksanaan kegiatan, kami mendapat banyak pengetahuan baru yang disampaikan oleh petugas kesehatan Puskesmas Cempaka, semoga ilmu yang kami dapatkan ini akan bermanfaat dalam kehidupan kedepannya" tuturnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x