Mohon tunggu...
Tri ernayanti
Tri ernayanti Mohon Tunggu... STATISTIKA - UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Viral! Warga Menjadi Cerdas dalam Sekali Baca Berkat Mahasiswa KKN Undip

8 Agustus 2020   17:54 Diperbarui: 8 Agustus 2020   17:54 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral! Warga Menjadi Cerdas dalam Sekali Baca Berkat Mahasiswa KKN Undip
dok. pribadiGambar 1. Pelatihan pembuatan Infografis Monografi Desa Haurkuning (dokpri)

Kuningan, Jawa Barat (01/8/2020). Mahasiswa KKN tim II Undip dengan jurusan Statistika kini tengah menjalani kegiatan KKN Pulang Kampung. Berbeda dengan KKN sebelumnya, KKN kali ini dilakukan secara mandiri di kampung masing-masing dengan tema “Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s).

Dengan adanya KKN ini diharapkan dapat mengatasi masalah utama yang dihadapi pemerintah yaitu bagaimana membuat data statistik dapat menarik dikalangan masyarakat. Sangatlah penting untuk menyajikan data yang catchy dan enak dibaca karena masyarakat  tidak suka data informasi yang overload.

Permasalahan tersebut di temukan di Desa Haurkuning Kec.Nusaherang Kab.Kuningan Jawa Barat. Di Desa Haurkunig data kependudukan yang ada masih dalam wujud monografi yang secara umum masih sulit dicerna oleh masyarakat awam sehingga jarang dipublikasikan kepada masyarakat sekitar.

Sementara itu publikasi monografi data kependudukan ini cukup penting sebab selain dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kondisi desanya saat ini, publikasi monografi data kependudukan juga dapat menolong dalam pengambilan kebijakan terkini  baik di tingkat RT, RW maupun Desa.

Gambar 2. Pemberian Infografis Monografi Desa Haurkuning (dokpri)
Gambar 2. Pemberian Infografis Monografi Desa Haurkuning (dokpri)
Dalam mengatasi masalah tersebut, diperlukan skill untuk membuat Infografis sebagai wujud dari visualisasi data untuk menyampaikan informasi agar dapat dipahami dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu pada infografis yang dibuat oleh mahasiswa KKN Undip ini lebih menonjolkan statistik data dalam wujud gambar dan diagram untuk mempermudah pembaca dan menarik perhatian pembaca.

Tak lupa dalam infografis juga dicantumkan intepretasi dan kesimpulan dari gambar untuk semakin memperjelas pembaca. Selain infografis, mahasiswa KKN Undip juga membuat modul pembuatan infografis beserta pelatihannya.

Hal ini untuk mengantisipasi bahwasanya data penduduk setiap tahun akan berubah sehingga dapat melakukan pembuatan infografis untuk tahun selanjutnya.

Penulis : Tri Ernayanti (Statistika 2017)

Editor   : Solikhin S.Si M.Sc          

VIDEO PILIHAN