Mohon tunggu...
Tri Diyanti Cahyaningrum
Tri Diyanti Cahyaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa

Jangan lupa untuk selalu tersenyum setiap hari

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Anda Melakukan Olahraga

12 Januari 2022   11:36 Diperbarui: 12 Januari 2022   12:05 80 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, menjaga imunitas tubuh serta manfaat baik lainnya. Untuk melakukan olahraga tak harus anda pergi ke tempat gym, stadion atau tempat olahraga, anda juga dapat melakukan olahraga di rumah.

Meskipun berolahraga di rumah anda tidak boleh sembarangan melakukan gerakan olahraga karena akan mengakibatkan cedera jika tidak dilakukan dengan benar.

Sebelum melakukan olahraga anda perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mendapatkan manfaat dari olahraga secara optimal. Berikut hal-hal yang harus anda persiapkan dan lakukan sebelum berolahraga :

1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga inti, anda harus melakukan pemanasan sekitar10-15 menit. Manfaat pemanasan ini untuk meregangkan otot-otot anda yang kaku agar tidak cedera saat berolahraga berat. 

Saat pemanasan ini anda harus benar-benar melakukan pemanasan dengan baik karena banyak cedera yang sering terjadi dalam berolahraga. Maka dari itu pemanasan merupakan hal yang paling penting dilakukan sebelum berolahraga.

Anda dapat melakukan pemanasan secara dinamis atau statis yaitu anda melakukan pemanasan sendiri dari kepala sampai kaki. Anda juga dapat melakukan pemanasan pasif bersama pasangan anda.

2. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup membuat anda lebih semangat untuk berolahraga karena tubuh anda sudah beristirahat dengan cukup dari kegiatan-kegiatan yang telah anda lakukan .

Anda pun harus mengetahui jam tidur anda sesuai kebutuhan. Namun secara umum, jam tidur yang baik adalah sekitar 8 jam  setiap malamnya.

 3. Minum air putih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan