Mohon tunggu...
TRI RAHMAWATI NUR DINI
TRI RAHMAWATI NUR DINI Mohon Tunggu... MAHASISWA

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Digital

Modus di Masa Pandemi Covid-19

17 Juli 2020   22:26 Diperbarui: 17 Juli 2020   22:21 14 1 0 Mohon Tunggu...

Akhir-akhir ini seluruh dunia telah di buat resah karena adanya virus Covid 19 ini, virus Covid 19 ini banyak merugikan pihak-pihak seperti pedagang besar-kecil, gojek, dan usaha yang awalnya banyak kerumunan orang. setelah adanya virus ini masyarakat banyak yang tidak keluar dan lebih memilih membeli produk/barang secara online.Dalam kondisi sulit melawan pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat diminta pemerintah memilih sarana daring untuk berbelanja sehingga dapat mengimplementasikan peraturan pemerintah yaitu pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang saat ini diterapkan beberapa wilayah di Indonesia. contohnya yang sering di pesan masyarakat pada kondisi saat ini adalah membeli masker dan hand sensitizer. 

Disayangkannya pihak yang tidak bertanggung jawab selalu manfaatkan kondisi saat ini. seperti yang pernah saya alami yaitu saudara saya sering membeli barang secara online dan selalu dia mengirim alamatnya ke rumah saya. tiba-tiba pada siang hari ada kantor pos mengirimkan sebuah paket yang katanya itu adalah hand sensetizer yang saudara saya pesan dengan harga 350.000,- dibayar di tempat. dan untungnya orang tua saya tidak percaya dan langsung menelpon ke saudara saya apakah dia memesannya apa tidak. dan alhasil saudara saya kaget bukan main di karenakan dia tidak ada memesan apapun barang. alhamdulillah orang tua saya belum membayarnya kalo tidak pasti uang 350.000,- itu melayang apalagi susah mencari uang sebanyak itu pada saat pandemi covid 19 ini.

Namun berbelanja online memiliki beragam resiko, seperti barang yang tidak sesuai hingga penipuan. Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan belanja online sehingga tidak menjadi korban penipuan. ada tips yang patut anda ketahui sebelum berbelanja online yaitu:

1. Memastikan terlebih dahulu barang tersebut jika ingin membelinya secara detail

2.  Memeriksa identitas penjual 

3. Jangan berikan terlalu banyak informasi

4.Pastikan pembelian di situs terpercaya

5. Baca kebijakan situs 

Mudah-mudahan kedepannya tidak adanya penipuan saat masa pandemi covid 19 atau sudah tidak ada lagi.....

VIDEO PILIHAN