Mohon tunggu...
Tridinamika News
Tridinamika News Mohon Tunggu...

Tridi News is a media website powered by Tridinamika, Its the answer for many question of us that need a information and knowledge that always Up To Date, New and Fresh. For the first starting we provide many categories of articles around Test and Measurement, Energy Saving, Renewable Energy, Electrical, Power Quality, Safety First, Technologies, Thermography and Tips and Trick. The Beta version is the way to us for collecting feedback from you. So this media will be better and better. Hopefully, TridiNews can be a usefull website for your information update and knowledge.

Selanjutnya

Tutup

Iptek

7 Cara Termometer Inframerah Bisa Menurunkan Tagihan Pemeliharaan Anda

26 November 2014   21:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:46 0 0 0 Mohon Tunggu...
7 Cara Termometer Inframerah Bisa Menurunkan Tagihan Pemeliharaan Anda
F-Fluke-vt02_15b_h

TRIDINEWS. Ahli perawatan pintar tahu bahwa termometer inframerah non-kontak cocok dengan pas dalam motor, drive dan pemeliharaan listrik. Cukup memindai peralatan saat beroperasi dan cari komponen yang berjalan lebih panas dari seharusnya. Cari masalah sebelum mereka terbakar, dan Anda akan menghemat uang dan waktu. Namun apakah semudah itu? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai metode pemeliharaan dan troubleshooting lain yang dapat dilakukan thermometer.

3 Metode Pengujian Inframerah

Berikut adalah aplikasi dasar : 1. Mengukur suhu mutlak disuatu tempat. Jenis pengukuran ini berguna untuk menjadi tolak ukur suhu suatu objek atau membandingkan pengukuran untuk spesifikasi. 2. Membandingkan diferensial suhu dalam dua tempat. Anda mungkin, misalnya, membandingkan komponen yang sama pada dua motor yang berbeda. 3. Memindai objek dan mendeteksi perubahan dalam area terus menerus diatasnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan tempat yang panas atau dingin pada perumahan, panel dan struktur. Sebagai contoh, Anda dapat memeriksa heat sink transformator berpendingin udara untuk tabung dingin yang menunjukkan aliran terbatas atau kurangnya aliran.

Tujuh Aplikasi Yang Tidak Terlalu Umum Untuk Thermometer Inframerah

Menggunakan salah satu metode dasar di atas, putar termometer Anda ke beberapa aplikasi. Mengatasi Masalah komponen listrik khusus: 1. UPS (uninterruptible power supplies) menggunakan arus searah (direct current – DC) baterai dengan koneksi terminal yang rentan terhadap kelonggaran dan korosi mengakibatkan panas yang berlebihan. Lihat, juga, untuk koneksi lokal panas di UPS filter output. Karena sistem UPS 3-fase besar memiliki kapasitor kabel secara seri dan diatur dalam bank, cara paling sederhana untuk menguji integritas filter adalah untuk mengecek saldo fase-arus relatif. 2. Batere back up tegangan rendah juga harus diperiksa untuk koneksi suara. Apabila terpasang dengan buruk di string baterai dapat menjadi terlalu  panas dan membakar post. 3. Pemberat (Ballast) Cahaya dan perlengkapan pencahayaan lainnya terlalu panas akibat penuaan komponen listrik. Termometer  inframerah non-kontak dapat mendeteksi ballast yang overheat, misalnya, sebelum mulai mengeluarkan asap. Dalam satu survei pelayanan dan pemeliharaan personil listrik, 100 persen dari mereka yang menggunakan thermometer inframerah mengatakan bahwa mereka menghemat ribuan dolar dari biaya downtime dan perbaikan sebagai hasil dari menemukan hotspot di sistem listrik.

Memeriksa sistem penting lainnya:

Gunakan termometer IR untuk memantau segala sesuatu dari oven dan boiler hingga freezer dan sistem steam. 1. Sistem uap sangat penting. Secara teratur bandingkan suhu inlet dan outlet pada steam trap. Sebuah steam trap yang benar beroperasi menghasilkan penurunan suhu yang signifikan. Jika suhu tidak drop, maka steam trap telah gagal terbuka dan melewati uap panas ke jalur kondensat. Jika penurunan suhu sangat besar, perangkap mungkin terjebak ditutup dan tidak mendepak kondensat dipanaskan. Kondensat dalam garis uap buang energi, karena kondensat mengurangi energi yang efektif dari uap, dan dapat menyebabkan masalah operasional dalam proses uap-driven di mana cairan yang tidak diinginkan dapat menghambat operasi atau bahkan merusak produk jadi. 2. Sistem Kenyamanan Gedung (HVAC) adalah kandidat untuk penghematan energi yang signifikan. Pantau semua komponen HVAC serta amplop (envelope) bangunan. Termometer Inframerah non-kontak memberikan data untuk audit energi yang cepat dan ruang balancing. Rasio 50:1 distance-to-spot (atau lebih baik) membuat ventilasi dapat bergerak dengan mudah. Ketahui juga bahwa parameter operasi peralatan HVAC. Jika chiller harus menghasilkan 44° F air, Termometer Inframerah langsung dapat mengungkapkan apakah chiller beroperasi dalam spec. 3. Proses monitoring membuat Termometer Inframerah genggam menjadi alat quality control. Anda dapat menggunakannya untuk memantau proses untuk memastikan bahwa proses yang terkait parameter dalam spesifikasi. Dalam banyak kasus, terutama ketika hanya pemantauan suhu periodik diperlukan, thermometer inframerah genggam adalah pilihan alami untuk pemantauan kondisi. Mengingat jumlah industri proses (kilang, pabrik kertas, perusahaan farmasi, toko roti, pabrik pengalengan, dll), kemungkinan menggunakan thermometer inframerah genggam hampir tak terbatas. Demikian pula, jenis peralatan yang mungkin dipantau hampir tak terbatas, juga. Dalam proses, cairan perlu disampaikan ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Sebuah thermometer inframerah genggam dapat menentukan pipa terhambat, katup otomatis rusak, pendingin dan pemanas malfungsi dan sejumlah masalah potensial lainnya. 4. Pemantauan produk sendiri juga memungkinkan thermometer inframerah genggam untuk menjadi alat jaminan kualitas. Penggunaan Termometer Inframerah genggam yang didokumentasikan pada produk di jalur produksi termasuk ban karet, aluminium roda auto, uretan-cetakan dan cokelat, di antara sejumlah orang lain.

Memaksimalkan Termometer Anda

Kebanyakan Termometer Inframerah beroperasi dengan cara yang sama, sehingga hal itu belum tentu jelas bagaimana satu model bisa jauh lebih akurat daripada yang lain. Berikut ini apa yang harus dilihat. Resolusi optik tinggi. Sistem optik dari semua termometer IR mengumpulkan energi infra merah dari area melingkar atau “spot” yang diciptakan oleh sinar infra merah. Semakin jauh dari target yang didapatkan, semakin besar spotnya. Resolusi instrumen didefinisikan oleh rasio jarak dari instrumen untuk target dibandingkan dengan ukuran tempat (“jarak-to-spot” atau “D: S” rasio) pada titik fokusnya. Beberapa instrumen low-end memiliki rasio distane to spot rendah dari 6: 1 atau 8: 1. Jadi, untuk mengukur spot satu-inci, pengguna harus berjarak enam atau delapan inci dari sasaran. Termometer IR namun terjangkau lebih canggih memiliki jarak-to-spot rasio 30:1, 50:1 atau lebih tinggi. Instrumen dengan rasio 50:1 dapat mengukur sama satu inci tempat dari jarak sekitar empat meter. Dari empat meter, instrumen entry-level dijelaskan sebelumnya akan mengukur tempat delapan inci atau lebih dengan diameter. Untuk mendapatkan pembacaan yang baik target harus lebih besar dari ukuran tempat dan idealnya harus dua kali lebih besar. Sebagai contoh, dari lantai, Anda mungkin tidak bisa merekam suhu motor conveyor overhead yang menggunakan instrumen dengan 8:1 rasio distance to spot. Namun, ada kemungkinan bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dengan instrumen dengan rasio distance to spot 30:1 atau 50:1. Resolusi tinggi juga penting ketika bekerja lebih dekat up karena memungkinkan pengukuran tepat dari target yang lebih kecil dari jarak yang aman. Emisivitas yang dapat diatur Termometer Inframerah menghitung suhu permukaan suatu benda dengan menggunakan jumlah energi yang dipancarkan oleh objek dan efisiensi dengan permukaan benda memancarkan energi. Yang terakhir adalah emisivitasnya. Karena emisivitas dari kebanyakkan bahan organik atau permukaan dicat atau teroksidasi 0.95, banyak termometer menggunakan faktor ini dalam semua pengukuran suhu. Namun, bahan-bahan tertentu, seperti logam beton dan mengkilap, merupakan emiten yang tidak efektif. Jadi, dengan menggunakan pengaturan emisivitas 0,95 dalam mengambil suhu permukaan mereka tidak akan menghasilkan hasil yang akurat. Untuk menggunakan Termometer Inframerah di berbagai terluas aplikasi Anda akan ingin instrumen dengan pengaturan emisivitas mudah disesuaikan. Baca Juga :

15 Aplikasi Powerfull untuk Fluke Visual IR Thermometer

Sepuluh Alasan untuk Membeli Fluke Visual IR Thermometer