Mohon tunggu...
Tri Budhi Sastrio
Tri Budhi Sastrio Mohon Tunggu... Administrasi - Scriptores ad Deum glorificamus

SENANTIASA CUMA-CUMA LAKSANA KARUNIA BAPA

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kasidi Nomor 573: Maria dari Magdala

22 Juli 2021   07:59 Diperbarui: 22 Juli 2021   08:08 101 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasidi Nomor 573: Maria dari Magdala
https://www.ebay.com/itm/271281872591?

Kasidi 573  Maria dari Magdala 

Dia Maria dari Magdala, diangkat menjadi santa meskipun pernah juga dinyatakan sebagai pelacur penuh dosa tetapi kemudian diralat karena tidak ditemukan cukup bukti. Sebuah perjalanan hidup yang luar biasa apalagi jika ditambah dengan pernyataan yang menyatakan bahwa Tuhan pernah menciumnya berulang kali, di mulut lagi, dan bahkan kemudian menjadikannya istri, meskipun kemudian ya diralat lagi karena yang dianggap menjadi sumber pernyataan ini sebagai sesuatu yang palsu. Ada memang tetapi dianggap palsu dan tidak diakui.

Bagi Kasidi nama Maria Magdalena pernah menjadi segalanya karena entah bagaimana ceritanya, nama ini dipilih sebagai nama suci oleh wanita yang sangat dicintainya. Bagi Kasidi, semua orang boleh memandang rendah atau memberi atribut yang bukan-bukan terhadap dia, tetapi tetap saja nama ini indah, melekat dan abadi karena seperti kata pepatah nama itu 'tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan.' Itulah Maria dari Magdala, itulah Maria Magdalena.

Mengapa Tuhan memilih menampakkan diri untuk pertama kalinya setelah bangkit pada wanita ini, seperti yang dicatat dalam Injil? Alasan sebenarnya tentu saja Tuhan yang tahu tetapi yang jelas alasan itu penting, bahkan sangat penting. Apakah karena alasan inilah sehingga bahkan seorang Paus sempat merendahkan dan menurunkan derajat pentingnya wanita ini dengan menyatakan wanita ini adalah pendosa dan bahkan pelacur, meskipun beberapa ratus kemudian pernyataan ini diralat oleh Paus yang lain, dan dinyatakan sama sekali salah? Menurut Kasidi ya hanya Tuhan sendiri yang tahu tetapi yang jelas wanita ini penting di mata Tuhan, karena tidak hanya setia dan selalu ada di dekat Tuhan tetapi juga karena keberanian yang luar biasa yang dimiliki untuk melakukan itu. Keberanian yang tak dimiliki para pria yang juga murid Tuhan.

Kasidi yakin keberanian wanita istimewa ini muncul karena cinta. Ada sangat banyak contoh yang bisa ditunjukkan bagaimana cinta mampu mengubah banyak hal, mampu memunculkan banyak hal. Tidak percaya? Baca saja karya sastra dan tulisan kesaksian lain tentang kemanusian dan peradaban, maka hanya sedikit yang tidak berbicara tentang cinta, tentang kekuatan cinta.

Tuhan juga dicatat bahwa Dia tidak hanya menampakkan diri pertama kalinya setelah bangkit pada wanita ini tetapi juga dicatat bagaimana Tuhan berbicara dan memberi perintah pada wanita ini. Perintah pertama Tuhan setelah bangkit pada wanita istimewa walau penuh misteri ini seperti berikut: ' ...pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.'

Masih adakah yang berani mengatakan bahwa wanita ini tidak penting atau bahkan terlalu penting sehingga pernah dengan sengaja direndahkan supaya perannya yang sangat penting tidak dipuja-puja banyak orang?

Misteri Santa pelindung orang berdosa yang mau bertobat atau orang berdosa yang baru saja bertobat ini memang akan tetap dipenuhi misteri sepanjang masa tetapi hendaknya misteri ini tidak pernah menghalangi mereka yang menghormatinya. Semoga perayaan yang diadakan hari ini untuk dirimu selalu menjadi pengingat bahwa kita semua adalah pendosa yang ingin dan mau bertobat dan engkau adalah pelindungnya. Kasidi no. 573 -- 087853451949-- TBS/SDA22072021

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN