Mohon tunggu...
Trian Pamungkas
Trian Pamungkas Mohon Tunggu... Anak muda yang terus tertatih dalam menggapai senja.

Teruslah melangkah hingga esok kehidupan akan berwarna...

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Menulis Puisi Itu Mudah

13 Agustus 2020   19:35 Diperbarui: 13 Agustus 2020   19:48 25 3 0 Mohon Tunggu...

Puisi merupakan karya sastra yang banyak digemari oleh masyarakat, terlebih menulis puisi dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tak banyak orang yang berbicara jika menulis puisi itu susah, susah ketika anda tidak ada keniatan untuk menulis puisi. Hal yang berkaitan dengan keniatan insyaallah semua jalan akan lurus, lurus menuntun anda mencapai kesuksesan, sukses dalam menulis puisi ataupun bidang keahlian lainnya.

Setiap manusia dianugerahi imajinasi, imajinasi seseorang pasti berbeda-beda dengan faktor-faktor pendukungnya seperti galau, resah, jenuh, maupun senang. Hal tersebut menjadi ide untuk menulis puisi. Jika anda menemukan ide, alangkah baiknya untuk segera menulis puisi, karena ide tersebut akan muncul sekejap. Jadi, anda sebagai manusia harus melakukannya secepat mungkin, karena hal apapun tidak datang kedua kalinya.

Visual dan rasa ialah kombinasi tepat untuk menulis puisi. Dengan demikian, menulis puisi akan mudah untuk dilakukan setiap insan. Karena visual dan rasa menjadi tolak ukur dan suatu obyek untuk menulis puisi. Visual berarti melihat dan rasa berarti hati. Melihat obyek pemandangan dapat menjadi tujuan untuk menulis puisi, bukan hanya visual, tetapi juga rasa. Rasa berkaitan dengan hati, hati berbicara jika menerima keadaan, keadaan galau atau senang, semua unsur tersebut dapat dijadikan sumber inspirasi berpuisi.

Menulis puisi sangat mudah jika ada langkah-langkah menulisnya, langkah-langkah menulis puisi adalah sebagai berikut.

1. Pilih obyek tertentu

Hal ini menunjukkan awal mula anda menulis puisi, karena menjadi dasar untuk memperoleh ide, ide muncul ketika memilih suatu obyek. Obyek tersebut dapat berupa pemandangan disekitar kita.

2. Deskripsi obyek

Bagian ini berkaitan dengan menggambarkan suatu obyek yang sudah dipilih dengan menguraikan kata demi kata dengan runtut.

3. Tentukan tema

Bagian akhir dalam menulis puisi ialah tema apa yang cocok untuk puisi yang anda buat. Menentukan tema itu mudah, caranya anda harus membaca secara keseluruhan puisi yang anda buat dengan cermat dan teliti. Hal itu menjadi fokus utama untuk mendapatkan tema yang tepat. Dengan demikian, tema puisi akan anda peroleh dengan baik dan tepat sasaran.

Menulis puisi itu mudah, mudah untuk menulisnya. Namun, harus mempunyai keniatan dan kemampuan mencari serta mengelola ide atau gagasan dengan baik sehingga anda dapat menulis puisi dengan mahir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x