Mohon tunggu...
Tri Anggara
Tri Anggara Mohon Tunggu... Guru - ASN Guru

mendidik yang menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak

10 September 2022   08:30 Diperbarui: 10 September 2022   08:30 475 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

KONEKSI ANTAR MATERI 2.1

Calon Guru Penggerak memasuki modul 2.1 yakni memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Murid memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, serta kebutuhan belajar yang beraneka ragam. Untuk itu dalam Modul 2.1 ini Calon Guru Penggerak dapat memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi pada kebutuhan murid.

Menurut Tomlinson (2001:45) pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul "How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom" menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid paling tidak berdasarkan tiga aspek antara lain kesiapan belajar (readiness) murid, minat murid, profil belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di dalam kelas dengan terlebih dahulu melakukan identifikasi atau pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan tingkat kesiapan belajar untuk memodifikasi tingkat kesulitan pada bahan pembelajaran sehingga dipastikan murid terpenuhi kebutuhan belajarnya (Joseph, Thomas, Simonette & and Ramscok (2013:29)

Setelah melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid, guru menentukan langkah-langkah kegiatan, menentukan media dan produk yang akan dihasilkan oleh murid sesuai dengan minat dan profil belajar murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan