Mohon tunggu...
Tria Marsella Mile
Tria Marsella Mile Mohon Tunggu... Lainnya - a student

SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Sapiens: A Brief History of Humankind (Sejarah Evolusi Umat Manusia) oleh Yuval Noah Harari

10 Maret 2021   07:59 Diperbarui: 12 Maret 2021   13:58 2487 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sapiens: A Brief History of Humankind (Sejarah Evolusi Umat Manusia) oleh Yuval Noah Harari
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.amazon.in%2FSapiens-Humankind-Yuval-Noah-Harari%2Fdp%2F0099590085&psig=AOvVaw3hRFlcyjiwlnG7C4nYw2S-&ust=1615618209000000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKj8m4qVqu8CFQAAAAAdAAAAABAE


Identitas Buku

Judul: Sapiens - A Brief History of Humankind
Jenis Buku: Non Fiksi - Sejarah
Penulis: Yuval Noah Harari
Penerbit: Vintage Publishing
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman:  512 halaman
Dimensi Buku:  12.90 x 19.70 x 4.10 cm
ISBN: 9780099590088

Sinopsis

Pada dasarnya buku ini terbagi atas 4 bagian besar: (1) Revolusi Kognitif, (2) Revolusi Agrikultur, (3) Penyatuan Manusia dan (4) Revolusi Saintifik. Sejarah manusia telah dibentuk oleh tiga revolusi besar: Revolusi Kognitif (70.000 tahun yang lalu), Revolusi Pertanian (10.000 tahun yang lalu), dan Revolusi Ilmiah (500 tahun yang lalu). 

Revolusi-revolusi ini telah memberdayakan manusia untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan dalam bentuk kehidupan lain, yaitu menciptakan dan menghubungkan di sekitar ide-ide yang secara fisik tidak ada (pikirkan agama, kapitalisme, dan politik). "Mitos" bersama ini telah memungkinkan manusia untuk mengambil alih dunia dan menempatkan umat manusia di ambang mengatasi kekuatan seleksi alam.

Sekiranya enam juta tahun yang lalu, spesies manusia dinyatakan tidak ada. Sebuah kalimat di dalam buku seperti, "Seekor kera betina memiliki dua anak perempuan. Yang satu menjadi nenek moyang semua simpanse, yang lainnya adalah nenek kita sendiri." Menandakan bahwa berbagai macam spesies manusia: sapiens, erectus, dan neanderthalensis berevolusi dari tekanan evolusioner seperti spesies lainnya.

Mengapa sapiens bertahan dan berkembang? Karakteristik khusus apa yang memungkinkan spesies tersebut mendominasi planet ini sepenuhnya seperti yang kita lakukan saat ini?

Jawabannya adalah dengan penguasaan senjata dan api yang memungkinkan kita untuk berburu, memasak makanan, dan untuk mengontrol lingkungan (terutama dengan membakar hutan sebagai senjata melawan predator). Pada saat itu, semua spesies manusia menikmati teknologi ini. Itu adalah otak besar Homo sapiens, yang hanya berevolusi 150.000 tahun yang lalu, yang memungkinkan kita menaklukkan planet ini, melenyapkan semua spesies manusia lainnya, dan mengendalikan bumi.

Kelebihan

Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia adalah salah satu buku paling informatif dan menarik yang pernah saya baca. Buku ini telah mengubah cara saya memandang sesuatu dan telah menginspirasi banyak orang lain yang saya kenal, melalui penulisan cerita dan fakta yang luar biasa. Buku ini harus menjadi model untuk semua buku lain yang berbicara tentang antropologi karena meskipun kita tidak mau mengakuinya, kita serakah dan egois dan menghancurkan hampir semua fauna di dunia, tetapi kita mampu melakukan hal-hal hebat juga.

Kita bisa menciptakan mitos dan cerita yang akan bertahan puluhan ribu tahun. Kita bisa bersatu dan hidup bersama dengan kecepatan dan koordinasi yang luar biasa seperti yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya. Ini adalah kisah jenis kita dan permulaannya sejauh atau lebih penting daripada masa kini dan masa depan.

Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia dari Harari ini menjawab pertanyaan-pertanyaan sendiri dalam tulisan bijaksana dengan kelebihan, seperti:

  1. Ketinggian pengetahuan yang memusingkan dirangkum dalam sebuah paragraf yang apik.
  2. Wawasan mendalam disampaikan dalam satu kalimat yang bersemangat.
  3. Harari mengajari untuk melihat gambaran besarnya terhadap sesuatu hal.

Yuval Noah Harari, dosen berusia 40 tahun dari Universitas Ibrani Yerusalem, Israel, ini penuh dengan sikap pemberontak yang penuh semangat. Tinjauan realistik faktual kemanusiaan ditulis dengan baik disajikan dari sudut pandang sejarah yang besar. Sangat menggugah pikiran dan secara logis diserahkan kepada pembaca sehingga tidak sampai bacaan kedua orang menemukan bahwa seseorang dapat memberikan poin perdebatan alternatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x