Mohon tunggu...
Tri Mukti Sukatmo
Tri Mukti Sukatmo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gotong Royong Memperbaiki Saluran Air

15 Mei 2021   02:00 Diperbarui: 18 Mei 2021   03:18 29 1 0 Mohon Tunggu...

Gotong royong adalah kegiatan yang mengacu pada kerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu gotong royong merupakan kegiatan bersama yang bersifat sukarela, tujuannya agar pekerjaan menjadi lebih mudah. Kegiatan tersebutlah yang dapat dikatakan sebagai salah satu ciri bangsa Indonesia. Sejak dahulu kala, bangsa Indonesia sudah saling bekerjasama. Perilaku gotong royong perlu ditanamkan pada setiap elemen atau kelas masyarakat Indonesia. Kesadaran gotong royong antar semua lapisan masyarakat akan membuat hubungan persaudaraan semakin erat. Dengan hubungan persaudaraan yang semakin erat tersebut akan menumbuhkan rasa kekeluargaan di setiap masyarakat. 

dokpri
dokpri
Kegiatan tersebutlah yang dilakukan oleh warga di RT 21a kecamatan Pelaihari, Kalimantan Selatan. Dengan bantuan moral ataupun materil dari anggaran dan sukarelawan sekitar, mampu mendorong kegiatan gotong royong warga setempat. Kegiatan tersebut berjalan dari tanggal 10 April 2021 lalu. Dan hingga akhirnya mampu untuk diselesaikan kurang lebih 1 minggu.

dokpri
dokpri
Dengan kegiatan gotong royong tersebut, menjadikan segala aktivitasnya menjadi lebih mudah. Hal tersebut dibuktikan melalui mampu diperbaikinya saluran air di daerah tersebut. Dengan saluran air yang lancar tersebut setidaknya mampu menanggulangi masalah ataupun bencana di kemudian hari. Selain itu, masyarakat sekitar diharapkan mampu menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan di sekitar saluran air. Karena kebersihan lingkungan adalah kewajiban setiap orang untuk menjaganya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x