Mohon tunggu...
Tri Fithria Ningsih
Tri Fithria Ningsih Mohon Tunggu...

Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pontianak Kampus Sintang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Perhatikan Menu Makan Sehat Anda Saat Sibuk Bekerja

10 Mei 2019   22:15 Diperbarui: 10 Mei 2019   22:59 383 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perhatikan Menu Makan Sehat Anda Saat Sibuk Bekerja
http://www.sukita.info/wp-content/uploads/2018/03/Makan-sehat-2.jpg

Kesibukan saat bekerja menjadi faktor utama dari penyebab kurangnya memperhatikan pola makan dan menu makanan yang sehat. Terlebih untuk mengkonsumsi makanan sehat saat bekerja bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang banyak.

Terlalu sibuk mengejakan tugas atau pekerjaan dikantor membuat sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk menikmati makanan sehat. Para karyawan/pekerja lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang pada umumnya dijual dengan praktis/instan, yang tentunya tidak pasti memiliki kandungan gizi yang baik.

Makanan sehat umumnya lebih banyak tidak disukai karena terkalahkan dengan makanan cepat saji. Tetapi yang perlu kita ketahui, makanan tidak sehat pastinya dapat mengganggu kesehatan kita, disamping yang akan membuat kelebihan pada berat badan.

Menjadikan badan tetap sehat disaat  sibuk dengan pekerjaan  kantor juga menjadi tantangan bagi orang banyak. Pengaruh kesehatan terhadap pekerjaan sangatlah besar. Jika kesehatan tubuh kita kurang baik tentunya akan banyak gangguan dan efek yang tidak baik terhadap pekerjaan kita, karena produktivitas kita otomatis menurun. Sebaliknya jika kesehatan tubuh kita terjaga dengan baik, maka produktivitas kita pastinya akan meningkat, dan pekerjaan  kita menjadi lebih baik.

Untuk menjadikan tubuh tetap sehat saat sibuk bekerja, perlu untuk kita benahi waktu istirahat kita dan perhatikan pola makan dan menu makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Berikut tips sederhana untuk solusi makan sehat saat sibuk bekerja:

1). Mulailah dengan Menyiapkan Menu Sarapan yang Baik
Menu sarapan yang baik adalah makanan yang ringan, dan tidak memerlukan banyak waktu untuk dicerna, seperti telur, roti gandum, buah-buahan dll nya. Melakukan sarapan sebelum memulai aktivitas akan sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kita, mengurangi/mencegah rasa lelah, rasa kantuk,dan pastinya dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita saat bekerja.

2). Lanjutkan dengan Melakukan istirahat dan Makan Siang
Sediakan sedikit waktu di siang hari untuk tubuh kita beristirahat sejenak , menyantap makan siang untuk mengisi perut, menambah stamina agar tetap semangat melanjutkan pekerjaan hingga jam kerja selesai. Menu makan siang yang baik adalah nasi, roti, sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein seperti lauk (telur, ikan dll).

3). Selingi dengan ngemil Cemilan Sehat
Mungkin untuk sebagian orang, perlu adanya rileksasi tubuh dan fikiran dengan menyantap sedikit cemilan disela pekerjaannya. Tidak ada larangan untuk ngemil, asalkan tetap memperhatikan porsi/kandungan cemilan yang kita santap. Jangan sampai mengkonsumsi cemilan secara berlebihan, karena itu akan berdampak pada berat badan dan kesehatan tubuh kita. Perhatikan porsi cemilan dengan kalori yang tidak terlalu banyak, hindari makanan yang berminyak. Menu cemilan yang sehat adalah makanan yang direbus, seperti, ubi, pisang, dan cemilan biskuit .

4). Menyeruput Teh dan Kopi
Bagi sebagian orang menyeruput teh dan kopi juga dapat menjadi rileksasi tubuh dan fikirannya, bahkan ada yang menjadikan ini sebagai kebiasaan untuk menambah semangat, menghilangkan rasa kantuk dll. Seruput teh dan kopi boleh-boleh saja, asalkan tetap memperhatikan porsinya, jangan terlalu banyak.

Nah bagaimana bila kesibukan bekerja di saat malam hari?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x