Mohon tunggu...
Wisata

Mendingan Pilih Open Trip, Share Cost atau Private?

19 September 2017   17:40 Diperbarui: 19 September 2017   17:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tulisan ini diambil dari Blog Treya yang berjudul Apa Perbedaan Open Trip, Private Trip dan Share Cost? Banyak istilah paket liburan yang terkenal di dunia para backpackers, diantaranya adalah Open Trip, Private Trip dan Share Cost. Apa sih perbedaan diantara ketiga hal tersebut? Mari kita bahas.

Open Trip

Kategori yang sedang naik daun ini juga biasa disebut sebagai Trip Gabungan. Para peserta Trip Gabungan biasanya tidak kenal antara satu dengan yang lainnya karena paket ini terbuka untuk umum. Banyak manfaat yang ditawarkan Open Trip, diantaranya adalah para Traveler tidak perlu pusing mengatur aktifitas, mendapatkan harga yang murah dan mendapatkan teman baru. Biasanya trip dalam kategori ini tidak full backpacker melainkan semi backpacker. Travel Organizer sudah menentukan kota destinasi, tanggal keberangkatan, akomodasi dan seluruh aktifitas yang akan dilakukan sehingga para traveller tinggal menikmati perjalanan dengan biaya yang terjangkau. Jumlah peserta Trip Gabungan beragam tergantung destinasi tujuan, namun biasanya berjumlah 10 orang atau lebih. Paket ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin liburan dengan harga terjangkau, tidak mau repot dan kesulitan mencari teman liburan. Kami juga sudah membahas kelebihan Open Trip dibandingkan jenis trip lain secara mendalam di sini.

Private Trip

Jenis paket ini mungkin adalah jenis yang dari dulu kita sudah tau yang biasa ditawarkan oleh Travel Agent. Traveler akan melakukan sebuah perjalanan hanya dengan kelompok orang yang Traveler tentukan dengan bantuan Travel Agent, sehingga bersifat private. Untuk kota destinasi dan tanggal keberangkatan yang menentukan adalah pihak traveler, dan travel agent akan mencoba mengakomodasi seluruh kebutuhan dari traveler. Karena bersifat private, biasanya trip ini akan lebih mahal dibandingkan dengan paket Open Trip. Selain itu traveler juga harus memastikan berapa orang peserta yang sudah pasti ikut perjalanan agar mendapatkan paket semurah mungkin.

Share Cost

Seperti namanya, paket trip ini merupakan paket perjalanan yang biayanya dibagi rata ke seluruh peserta trip, mulai dari akomodasi, transportasi dan lainnya. Trip ini bersifat terbuka untuk diskusi karena setiap traveler memiliki keinginan atau preferensi tersendiri, sehingga memerlukan diskusi dan komunikasi seluruh peserta trip untuk mendapatkan solusi. Seluruh ketentuan dari trip ditentukan secara bersama bisa melalui grup chat ataupun forum-forum online. Dikarenakan membutuhkan persetujuan bersama, biasanya untuk melakukan perjalanan dengan konsep share cost akan membutuhkan waktu, namun bisa menjadi menjadi sangat murah karena biasanya yang menggunakan konsep ini adalah para traveler dengan jiwa backpacker sejati.

Bagi Kamu yang tertarik untuk mengetahui apa itu Open Trip lebih mendetil, klik disini.

Treya itu sendiri adalah merupakan Marketplace Open Trip di Indonesia, dimana kamu bisa menemukan ratusan paket Open Trip di seluruh Indonesia dari puluhan Travel Organizer. Keamanan transaksi juga kami jamin dengan menggunakan sistem pembayaran online. Kalau Kamu tertarik untuk melihat paket Open Trip silahkan kunjungi website kami Treya.

Kami juga menulis artikel tentang destinasi populer lain di Indonesia antara lain kawah Ijen, dataran tinggi Dieng, pulau Pahawang, anak gunung Krakatau, gunung Bromo, pulau Komodo, pulau Belitung dan Raja Ampat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x