Mohon tunggu...
Andri Hermawan
Andri Hermawan Mohon Tunggu...

mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, UNY

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Gitaris Terhebat Sepanjang Masa? SLASH Vs John Petrucci

28 Mei 2013   19:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:53 0 0 5 Mohon Tunggu...

Biografi John Petrucci (Dream Theater)

John Petrucci, lahir di Kings Park Long Island, New York/12  Juli 1967 ,   adalah gitaris Amerika yang dikenal sebagai anggota pembentuk grup progresif metal Dream Theater. Dia juga seorang produser (bersama teman satu bandnya Mike Portnoy) dari semua album Dream Theater sejak rilis album Scenes From A Memory, pada tahun 1999. Petrucci besar di Long Island, tepatnya Kings park dimana Petrucci bersama John Myung danKevin Moore sekolah di tempat yang sama. Petrucci bermain gitar pertama kali pada saat berumur 8 tahun. Dan mulai bermain dengan sebuah band pada umur 12 tahun. Band dan gitaris yang memengaruhi permainan gitarnya adalah Yngwie Malmsteen, Randy Rhoads, Iron Maiden,Stevie Ray Vaughn, Yes, Rush dsb. Karena saat itu sedang berkembang irama metal dan trash, Petrucci menambahkan pengaruhnya pada musik Metallica dan Queensryche. petruccidi segani karena dia menguasai banyak teknik dan skill bermain gitar. Salah satu yang paling utama dari permainannya adalah kecepatannya dalam memainkan teknik alternate pickingnya yang dia sendiri menyatakan bahwa membutuhkan perasaan yang sangat kuat dalam men-sinkronkan tangan kiri dan tangan kanan.

Biografi Slash (Velvet Revolver, Ex. Guns N' Roses) :

SLASH lahir di Hampstead, pinggiran kota London, 23 Juli 1965, seorang yang berasal dari pemukiman kumuh London dan menjadi seorang GOD OFGUITAR, mantan dari gitaris Gun’n Roses dan kini menurut berita menjadi gitaris Velvet Revolver. Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturununanAmerika-Afrika. Diumur 9 tahun ia pindah ke Los Angeles, California. Bersama ibunya akibat perceraian orang tuanya, di Los Angeles, slash memutuskan untuk berhenti sekolah dan berniat untuk mencari nafkah untuk ibu dan neneknya, disitu neneknya memberikan sebuah gitar milik kakeknya yang sudah lama tidak terpakai. Mulanya gitar itu memiliki hanya satu senar dengan cekatan ia langsung berlari kearah gudang dan mengambil beberapa helai senar gandum untuk membuat senar-senar yang telah putus, mulai dari situ ibu dan neneknya melihat bakat yang dimiliki oleh Slash, slash memulai karirnya dibidang musik dan melatihnya terus menerus hingga ia menjadi salah satu personil band GUN’N ROSES, gitar pertamanya ia museumkan di sebuah museum miliknya di Los Angeles, kehebatanya dalam memainkan gitar membuatnya dijuluki sebagai GUITAR SPEAKING, atau “Gitar berbicara” mengapa demikian, kalau kita mendengar musik yang keluar dari gitar slash kita akan mendengar seolah-olah musik yang ia keluarkan berbicara dan memiliki roh… yang cocok dengan lagu yang ia bawakan.

Keduanya menurut saya adalah gitaris terhebat sepanjang masa, baik dari segi teknik, maupun dari segi soul yang diberikan kepada lagu yang dibawakan. Petrucci sendiri selain mempunyai keunggulan dalam segi permainan 'wipping' ,Petrucci juga merupakan penulis lagu yang handal, teringat pada konsep albul Dream Theater yang bertajuk 'Scence of Memory' yang disajikan begitu indah yang melalui cerita bak sebuah novel yang terus bersambung. Namun Slash sendiri belum ada yang mampu mengalahkan dalam segi skill. Slash mampu membuat gitar mampu seprti dibuat benyanyi, membuat melodi yang begitu indah. Namun sayang, karir Slash jauh merosot setelah keluar dari Guns N Roses. Banyak kalangan yang juga menyebut-nyebut Synister Gates sebagai gitaris terbaik. Namun jika kamu mendengarkan permainan Petrucci dan Slash, memandang permainan Synister Gates hanya seperti mendengar 'anak baru belajar gitar' yang belum mengerti keindahan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x