Mohon tunggu...
Dito darmawan
Dito darmawan Mohon Tunggu... Apa aja boleh

Hayukk meluncur

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Razia Seragam Meningkatkan Disiplin Siswa

10 Desember 2019   09:35 Diperbarui: 10 Desember 2019   09:40 3 0 0 Mohon Tunggu...

Razia seragam dapat meningkatkan disiplin siswa_

Seragam sekolah adalah seragam yang digunakan disetiap sekolah sebagai identitas siswa pendidikan baik negara atau swasta. Dengan berseragam, pelajar secara tak langsung membawa nama sekolahnya. seragam juga berfungsi sebagai sarana promosi. Seragam yang bagus menarik minat masyarakat menyekolahkan anak ke sekolah itu.

Setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing dalam mengenakan pakaian seragam bagi siswanya. Pada sekolah sekolah tertentu, kewajiban mengenakan seragam telah menjadi tata tertib di sekolah. memakai seragam sekolah ditetapkan baik berdasarkan jenjang pendidikan maupun jenisnya.

SMAN 5 banjarmasin adalah salah satunya sekolah yang menerapkan siswanya untuk mengenakan seragam sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Misalnya, perlengkapan atribut, ukuran calana bagi laki-laki, dan tidak boleh  menggunakan rok span bagi perempuan.

Meskipun peraturan sudah diberlakukan tetapi masih banyaknya siswa yang tidak menaati peraturan. Seperti tidak memakai atribut yang lengkap, baju yang dikeluarkan pada saat hari senin, selasa, dan jumat, menggunakan cerana pensil, dan menggunakan rok yang tidak sesuai dengan  aturan. Meskipun siswa tersebut sudah ditegur tapi masih ada saja siswa yang tidak menanggapinya. Ini menunjukan bahwa peraturan masih dilanggar oleh siswa SMAN 5 Banjarmasin.

Maka dari itu pihak sekolah melakukan razia terhadap siswanya. Namun, saat razia ada beberapa siswa yang pergi ke WC agar terhindar dari razia. Walaupun razia sering dilakukan tetapi masih banyak siswa yang melanggarnya. Hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan dari guru dan kesadaran siswa terhadap menaati peraturan.

Jadi, seharusnya razia dilakukan dengan rutin dan tidak perlu adanya pemberitahuan sebelumnya. Razia juga harus dapat memberikan efek jera kepada siswa. Contohnya memberikan sanksi atau hukuman terhadap siswa. Hal ini agar siswa tersebut tidak mengulangi kesalahannya lagi.

VIDEO PILIHAN