Finansial Pilihan

Bingung Bedakan Mana Kebutuhan, Kepentingan dan Keinginan?

11 Juni 2018   21:45 Diperbarui: 11 Juni 2018   22:08 949 0 0
Bingung Bedakan Mana Kebutuhan, Kepentingan dan Keinginan?
instantinsurancenetwork.com

Generasi Millenial, ya begitu orang-orang katakan tentang generasi masa kini yang punya gaya hidup yang selalu berkembang sesuai zaman. Mulai dari trend fashion, trend minat dan bakat, trend social media sampai trend kuliner terbaru, semua itu pasti akan dijajaki oleh gen millenial demi terjaganya status generasi millenial mereka yang sejatinya merupakan kebanggaan bagi diri mereka.

Tidak mengenal berapa pendapatan mereka perbulannya, yang namanya hasrat atau keinginan untuk memiliki sebuah barang pasti akan selalu ada dalam diri mereka. Sampai segala macam cara dilakukan demi terpenuhinya hasrat tersebut, mulai dari cari pendapatan tambahan dengan bisnis lain, memaksimalkan insentif perusahaan tempat bekerja bagi karyawan, sampai harus berhutang baik ke rekan dekat ataupun dengan bank. Hal tersebut yang membuat kita harus berhati-hati dalam menggunakan uang kita dalam membelanjakan sesuatu.

Tidak jarang kita lebih mendahulukan sebuah kepentingan yang tidak seberapa penting daripada kepentingan lain. Seperti contohnya, kita paham betul bahwa handphone merupakan suatu hal yang wajib dimiliki orang-orang dewasa ini. Maka tak jarang kita lihat orang-orang yang rela mengumpulkan uang berbulan-bulan gaji mereka demi mendapatkan tipe handphone terbaru dengan harga berapapun walaupun kondisi handphone yang mereka gunakan masih tergolong layak pakai. 

Sementara itu, mereka terlalu fokus mengganti-ganti handphone sampai mengabaikan hal yang lebih penting yaitu bayar sewa kost. Demi keinginan mereka untuk mempunyai tipe handphone terbaru, mereka sampai melupakan kebutuhan terpentingnya untuk tetap tinggal.

Hal itu baru salah satu contoh saja, masih banyak lagi contoh lain yang tidak bisa dijelaskan.

Lantas apa yang membuat kita harus bisa membedakan mana hal yang harus diprioritaskan atau yang harus ditunda terlebih dahulu?

Tentunya kita harus dapat membedakan mana Kebutuhan, Kepentingan dan Keinginan.

Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. - wikipedia

Kepentingan adalah dasar dari timbulnya tingkah laku individu karena adanya dorongan untuk memenuhi kepentingan yang bersifat esensial bagi kelangsungan hidup individu itu sendiri, jika individu berhasil memenuhi kepentingannya, maka ia akan merasakan kepuasan dan sebaliknya kegagalan dalam memenuhi kepentingan akan menimbulkan masalah baik bagi dirinya maupun bagi lingkungannya. - nadiaswahedi.blogspot.com

Keinginan adalah suatu rasa yang ada di dalam diri manusia dimana rasa itu adalah rasa yang membuat manusia ingin mempunyai atau merasakan sesuatu. - spot-log.blogspot.com

Dari ketiga definisi diatas bisa kita simpulkan mana yang seharusnya didahulukan dari yang lainnya, yaitu Kebutuhan pertama, diikuti oleh Kepentingan dan yang terakhir adalah Keinginan.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum Generasi Millenial mestinya sadar betul atas ketiga hal tersebut diatas demi terciptanya pengelolaan keuangan yang baik, agar kita tidak menyesal di masa yang akan datang.

Berikut cara-cara agar kita dapat mengelola keuangan dengan baik agar kebutuhan, kepentingan dan keinginan terpenuhi:

1. Buat Daftar Mana Hal yang Merupakan Kebutuhan, Kepentingan dan Keinginan

singlegrain.com
singlegrain.com
Kebutuhan hidup manusia pada dasarnya ada tiga, yakni sandang, pangan dan papan. Yakinkan terlebih dahulu bahwa ketiga hal ini sudah terpenuhi atau teratasi sebelum hal-hal lainnya. Karena sejatinya ketiga hal ini merupakan segalanya. Kepentingan dapat berupa kendaraan, alat komunikasi, da lain-lain. Pada dasarnya kepentingan merupakan hal-hal pendukung kebutuhan manusia. 

Sedangkan Keinginan dapat berupa perhiasan mewah, barang-barang branded, tempat nongkrong yang sedang hits, dan lain-lain. Keinginan harus ditahan jika dua hal sebelumnya berupa kebutuhan dan kepentingan belum sepenuhnya terpenuhi.

2. Hindari Tempat-tempat yang Berpotensi Membuat Kita Tergiur untuk Mengeluarkan Uang untuk Hal-hal yang Tidak Perlu

crowded-mall-5b1e888fab12ae051861cdc2.jpg
crowded-mall-5b1e888fab12ae051861cdc2.jpg
Kurangi menyambangi mall-mall, resto atau cafe mahal, dan lain-lain. Kenapa? Karena hal itu membuat kita tergiur dengan penawaran-penawaran para penjual yang seringkali membuat kita tidak berpikir untuk mengeluarkan uang.

3. Gunakan Barang-barang yang Masih Layak Pakai

pinterest.com
pinterest.com
Jika kita memiliki pakaian yang sudah sejak lama kita pakai namun masih nyaman dipakai dan enak dipandang, untuk apa kita membuangnya? Ada baiknya kita tetap memakai pakaian itu. Hal itu dilakukan untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu. Jika kita sudah punya, untuk apa kita mencari yang lain lagi? Sama halnya dengan barang-barang lain yang masih layak pakai seharusnya kita dapat bijaksana dalam menggunakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2