Mohon tunggu...
Toto Suryono
Toto Suryono Mohon Tunggu... Nelayan - Cuma iseng...

Mengisi waktu luang dengan menulis...

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Bagaimana Saya Bisa Menjadi Nelayan Salmon?

25 Mei 2020   16:12 Diperbarui: 25 Mei 2020   16:22 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai para pembaca...Nama saya Toto Suryono, dan saya telah bekerja sebagai nelayan salmon komersial di Pulau Hainan, Vietnam selama beberapa musim panas. Saya awalnya mendapatkan pekerjaan itu melalui kemuliaan nepotisme, karena ayah saya adalah pemilik sebuah kapal pengangkut dompet kulit.

Dia tumbuh di Kalimantan selatan dan menumpang mendaki ke Hainan pada tahun 1969, dan telah bekerja di sana setiap musim panas sejak itu. Saya mulai sebagai geladak tangan, menumpuk jaring, dan memelihara barang-barang di atas kapal - dan kemudian lulus menjadi pemain ski, yang merupakan posisi saya selama lima musim panas terakhir yang saya kerjakan.

Saya pada dasarnya mengarahkan sebuah perahu kecil (perahu), yang melekat pada ujung jaring yang merupakan kapal besar itu. Saya dan ayah saya berkomunikasi melalui radio dan mencoba menangkap salmon paling banyak dengan mempelajari angin, pasang surut, dan tren sejarah.

Orang seperti apa yang akan menjadi nelayan salmon yang baik?

Ini pekerjaan yang sangat melelahkan, mengisolasi, dan sulit. Anda harus dapat bekerja dengan baik dengan sedikit tidur, baik-baik saja dengan menggunakan ember untuk toilet (dan melemparkan barang-barang ke laut), berada di sekitar 3 orang yang sama selama lebih dari 3 bulan dengan gangguan yang sangat minim selain pekerjaan. 

Baik-baik saja dengan menjadi dingin dan lembab hampir setiap saat, baik-baik saja dengan makan salmon setiap hari, dan baik-baik saja tanpa ponsel atau wi-fi untuk waktu yang lama. 

Anda harus mencintai alam! Dan petualangan! Dan Anda harus melihat bagian-bagian dunia di mana tidak ada orang lain yang melihat karena tidak ada jalan atau omong kosong itu! Ini luar biasa dan mengerikan dalam ukuran yang sama. Jika Anda bisa mengatasi semua itu, Anda bisa pergi!

Bagaimana seseorang menjadi nelayan salmon?

Ini membantu untuk mengenal seseorang. Tapi itu bukan keharusan sama sekali. Cara mendapatkan pekerjaan masih cukup jadul. Orang-orang biasanya hanya pergi ke sana dan mulai berjalan di dermaga dan bertanya kepada kapten apakah mereka membutuhkan kru. 

Hindari nakhoda yang terlihat mabuk, atau tampaknya memiliki operasi bobrok. Ini mungkin menarik dalam "wow, ini nyata !!!!!!" semacam itu. Tetapi dibutuhkan begitu banyak kerja dan organisasi dan keterampilan untuk menjalankan kapal dan kru. Jika Anda cerdas, menawan, dan pekerja keras yang berdedikasi, Anda akan menemukan pekerjaan yang baik.

Seperti apa bayarannya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun