Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Selamat Datang Siaran Televisi Digital

1 November 2022   20:12 Diperbarui: 1 November 2022   20:23 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mensetting siaran televisi digital, saatnya nonton televisi dengan gambar jernih. Dokpri

Mengalami masa kejayaan selama hampir lima puluh tahun lebih,akhirnya siaran analog akan dihentikan.Beberapa jam lagi siaran analog akan disuntik mati dan digantikan oleh siaran televisi digital.

Namun untuk mendapatkan siaran digital, perlu memasang set top box.Bukan berarti penonton bisa nyaman menyaksikan siaran digital.Seperti penulis yang mengalami langsung bagaimana "gregetan" kala menyaksikan siaran televisi digita.

Kerap gambar tiba tiba "membeku" alias gambar tersendat, tak jarang ada perasaan jengkel karena visual siaran patah patah.

Pasang antena secara tepat, dapat gambar yang kinclong adalah keniscayaan (dokpri)
Pasang antena secara tepat, dapat gambar yang kinclong adalah keniscayaan (dokpri)

Jangan lupa untuk tepat mengatur arah antena agar penerimaan siaran dapat diterima dengan baik.Bersyukur menjelang Analog Switch Off,beberapa saluran televisi memperbaiki kualitas gambar. 

Beberapa jam lagi era baru dunia pertelevisian Indonesia akan menciptakan sejarah.

Menurut penulis,sudah benar menggunakan siaran digital dan meninggalkan siaran analog. Bila gambar berbintik kerap menyapa di siaran analog,justru ketika siaran digital kita lihat ada perbedaan yang cukup signifikan.Gambar siaran digital jauh lebih jernih dan bening.

Selain itu relatif lebih banyak pilihan untuk menonton,mulanya ada 28 channel yang tersedia,namun menjelang ASO  saat ini penulis menemukan 52 saluran.Untuk menangkap siaran digital,selain set top box, antena juga perlu dipersiapkan agar penerimaan sinyal lebih kuat.

Untuk areal Jabodetabek nampaknya suntik mati analog sangat mungkin terjadi di tanggal 2 November 2022. Semoga tidak ada lagi pemunduran jadwal ASO, akhirnya era baru bernama siaran digital menyapa tanah air tercinta.

Terima kasih siaran analog yang telah membersamai selama ini,selamat datang siaran digital,nonton piala dunia bisa kinclong nih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun