Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Peluang Penjahit Dapatkan Cuan di Era Digital

26 Juni 2022   10:06 Diperbarui: 26 Juni 2022   11:00 229 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Profesi penjahit keliling, cari nafkah pantang mundur (dokpri)

Bermodalkan motor yang telah dimodifikasi untuk digunakan menjahit keliling, Bang Abon setia memasuki komplek perumahan atau kampung menawarkan jasa jahit keliling, memperbaiki resleting, menjahit bagian yang robek dari pakaian dan juga segala pernak pernik jahit menjahit. Mesin jahit, jarum, benang adalah perkakas yang wajib Bang Abon sertakan.

Ada juga Ceu Pulung yang setia menjadi penjahit hampir menekuni bidang yang berhubungan dengan pakaian ini lebih dari empat dekade. Mereka bertahan dengan peralatan sederhana. Era saat ini merupakan disrupsi digital yang merambah kesemua lini, bagaimana dengan industri tekstil dan juga fashion serta produk turunannya?

Data BPS menyebutkan bahwa industri tekstil dan fashion di tanah air memiliki potensi yang boleg dibilang tidak main main, total addressable market di industri ini memiliki total 200 triliun. Adalah PT Jahit Andalan Indonesia membuka jalan bagi penjahit Indonesia untuk menuju era digital.

Bertempat di Starbuck Community Store Tanah Abang Jakarta, pada tanggal 25 Juni 2022, meluncurkan aplikasi jahit online JAI'. Adapun acara dihadiri oleh CEO dan juga co-founder JAI Muhammad Rifqi, CTO JAI' Ahmad Karim, dan Head of Marketing JAI' M Asyraf. Selain itu hadir pula penggiat start up, mitra jahit, content creator, fashion owner, media.

Digitalisasi sangat berguna bagi para penjahit menyelesaikan permasalahan sekaligus menyambut permintaan pasar yang makin membesar. " JAI' menjembatani antara mitra jahit dan konsumen." Ungkap Muhammad Rifqi.

Tak dapat disangkal bahwa penjahit acap kali mendapat orderan musiman seperti ketika lebaran menjelang , namun tak jarang setelah itu penjahit harus menunggu pesanan berikutnya dalam jangka waktu yang lama. Dengan hadirnya platform JAI' diharapkan para penjahit akan mendapatkan pesanan secara kontinyu, sehingga cuan pun mengalir kepada para penjahit untuk menafakhi keluarganya.

Apa saja sih fitur fitur yang bisa digunakan di JAI'? Yuk kita bongkar saja keunggulan yang dimilikinya, fitur utama adalah Produksi untuk Category Women Clothing, All/Moslem For Men, dan 360 Production. Kelebihan platform JAI adalah mendukung terciptanya standarisasi harga, regulasi dan juga kualitas, ceile keren banget nih platform.

"Kami juga terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada mitra jahit," ucap pria yang kerap disapa Iqlu.

Semoga dengan kehadiran platform JAI' memberi angin segar bagi para mitra jahit, semakin banyak penjahit di negeri tercinta ini memiliki kemampuan mumpuni seraya tetap memproduksi pakaian yang berkelas sehingga "made in Indonesia" pilihan terbaik di negeri sendiri.

 JAI' hadir memberdayakan mitra jahit di era digital (dok JAI')
 JAI' hadir memberdayakan mitra jahit di era digital (dok JAI')

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan