Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Masker, Masker, Masker

25 Oktober 2021   10:40 Diperbarui: 25 Oktober 2021   10:47 84 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menggunakan masker secara benar adalah upaya mencegah pandemi Covid-19(dokpri)

Masker saat ini ibarat perangkat tempur untuk mencegah penularan pandemi Covid-19, setahun yang lalu, orang orang yang ingin mengeruk untung dari penjualan masker dengan cara menimbunnya dan dilepas saat harga naik, sungguh biadab cara berpikir orang orang yang menginginkan cuan di saat banyak orang membutuhkan masker.

Salah satu sesi yang disajikan ketika dilaksanakan webinar tentang Pelatihan Promosi K3 dan Pencegahan Covid di Tempat Kerja yakni saat dokter Nathanael, MKK memberikan materi yakni Mengenal Covid-19 dan Pencegahannya. Beliau merupakan dokter perusahaan , Health Service Head, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills dari 2009 hingga saat ini.

Bahwa pemakaian masker memang diperlukan untuk mencegah penyebaran, namun tahu nggak sih gaes bahwa pemakaian masker dapat dikombinasikan agar optimalisasi pencegahan penularan bisa lebih efektif. Ada masker kain yang banyak di perjual belikan dan harganya memang terjangkau.

Tipe lain dari masker yaitu masker bedah tanpa simpul dan bisa mencegah penularan hingga 56,1. Di atasnya lagi adalah masker bedah dengan simpul yang mampu mencegah penularan hingga 77%. Jika dikombinasikan pemakaian masker bedah dan masker kain bisa mencegah penularan hingga 85,4 %.

Untuk level aman adalah selalu pasangkan masker medis dan masker kain. Jangan lupa ya karena meski masker medis dipasangkan secara bersamaan dengan masker medis hasilnya tidak efektif, begitu juga  jika masker kain didouble pemakaiannya. Bagaimana jika masker N95 dipasangkan dengan masker lain, hasilnya juga kurang bagus.

Banyak juga kita melihat orang orang menyampirkan masker di dagu, mungkin kesannya lebih praktis, jika diperlukan langsung diangkat ke arah mulut dan otomatis areal mulut dan hidung akhirnya terlindungi. Namun ada cara yang benar ketika memakai masker, yang pertama adalah pilihlah masker yang mempunyai kawat pada bagian hidungnya.

Cek juga setelah memakai masker, apakah dipastikan terpasang tepat di bagian hidung, mulut dan juga dagu. Bahwa penularan Covid-19 melalui butiran cairan atau droplet dari saluran pernafasan ketika seseorang berbicara, batuk, bernyanyi atau bersin. Fungsi dari masker agar kita terlindungi.

Namun perlu di ingat nih, bahwa memakai masker bukan satu satunya jalan mencegah penyebaran pandemi, ada hal lain yang perlu diperhatikan juga seperti mencuci tangan, jaga jarak dan vaksinasi. Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan agar pandemi ini benar benar bisa dihindari dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mengenakan masker jangan asal asalan ya, yang penting seperti gugur kewajiban saja, pakailah masker secara benar, salah satu triknya adalah simpul dan selipkan loop telinga dari masker yang kita kenakan. Bila sudah benar, setidaknya tidak perlu was was, yang paling mengerti adalah diri kita sendiri. Jagalah kesehatan bersama dengan memakai masker.

Ini penting mas bro dan juga sister sister yang cantik, gunakan masker filter/brace/masker kain diatas masker medis. Jika semua memakai masker dengan benar, hati pun terasa lega. Penting bagi kita semua untuk sama sama berbagi kebaikan. Pandemi akan terus melandai jika semua dari kita tetap waspada.

Yuk jangan lupa tetap taat untuk memakai masker, lagipula saat ini jika kita mengunjungi tempat tempat publik seperti perkantoran, stasiun kereta api atau juga mall biasanya ada petugas yang mengingatkan untuk memakai masker. Semoga yang taat menjaga protokol kesehatan dilindungi dari ancaman pandemi Covid-19. Yuk ah kita memakai masker, bisa dong!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan