Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bagaimana Mencegah Covid-19?

4 Oktober 2021   08:58 Diperbarui: 4 Oktober 2021   09:00 119 5 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                  Salah satu pencegahan Covid-19 adalah dengan vaksinasi(dokpri)

Pepatah lama namun rasanya masih relevan dengan kehidupan masa kini, "lebih baik mencegah daripada mengobati". Tersirat kata kata sederhana namun maknanya tertafsir bahwa memang pencegahan lebih awal akan lebih baik daripada terlanjur mengobatinya. Pandemi Covid-19 menjadi pembicaraan baik di warung warung kopi hingga seminar.

Bagaimana sih agar masyarakat terutama kaum pekerja lebih mengerti tentang pencegahan Covid-19. Ada dokter Nathanael,MKK yang merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia, Cabang Jakarta Timur yang membagikan ilmunya tentang Mengenal Covid-19 dan pencegahannya.

Yang pasti jangan sampai kendor untuk tetap melakukan Protokol Kesehatan dengan  5M, ini termasuk mumpuni mencegah Covid-19. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah menjaga ventilasi udara dengan baik, sebaiknya tempat tinggal memiliki sistem sirkulasi udara yang membuat penghuninya selain nyaman dan tentu saja sehat.

Pencegahan berikutnya adalah melakukan vaksinasi, memang ada berita berita hoax yang menyebutkan bahwa dalam vaksin itu ada semacam chip yang sengaja dibuat agar manusia dapat terpantau, dan juga teori konspirasi. Namanya juga hoax dan tak bisa di pertanggung jawabkan, yuk ah kita lakukan upaya pencegahan dengan cara vaksin.

Menurut dokter Nathanael  vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, dimana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit  apabila suatu saat  terpapar dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Tujuan vaksinasi Covid-19 adalah mengurangi penularan, mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat.

Bahwa orang yang terkena Covid-19 bisa menularkan kepada orang di sekitarnya, jika sebagian besar masyarakat telah di vaksin besar kemungkinan penularan Covid-19 bisa dihentikan. Mencegah secara bersama sama adalah langkah baik dan sehat bersama merupakan hal yang menyenangkan bagi kita semua.

Ada 6 merek vaksin yang tersedia untuk program  vaksinasi di Indonesia, hei gaes bahwa semua merk vaksin Covid-19 yang ada di tanah air, dipastikan aman, digunakan dan efektif melawan virus dan variannya. Vaksin terbaik telah tersedia, yang lebih menggembirakan adalah dapat segera kita akses.

Kaum pekerja pun selayaknya lebih peduli dengan upaya upaya pencegahan Covid-19, kita tak ingin terkurung terus bukan? Saatnya lebih proaktif agar penyebaran pandemi ini bisa di hentikan. Bila pekerja mengetahui dengan benar dan tahu apa yang harus dilakukan untuk pencegahan pandemi merupakan hal yang bijak dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Namun memang tak serta merta khalayak ujug ujug paham kalau kita tidak mengedukasi, selain bekerja mencari nafkah untuk keluarga, pekerja pun dapat menjadi fasilitator dalam pencegahan Covid-19, apalagi saat ini media sosial begitu ampuh menjangkau tanpa adanya sekat sekat teritori.  Kaum pekerja selayaknya mengenal Covid-19 dan tentunya juga harus tahu cara pencegahannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan