Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Perbedaan Penyebutan Buah Catur Antara Orang Awam dengan Federasi Catur Nasional dan Internasional

27 Maret 2021   07:02 Diperbarui: 27 Maret 2021   07:10 338 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Penyebutan Buah Catur Antara Orang Awam dengan Federasi Catur Nasional dan Internasional
Saatnya memahami nama nama buah catur (dokpri)

Nonton akun youtube Chelsie Monica yang mengunggah nama nama buah catur membuka mata dan wawasan penulis tentang penyebutan buah catur, apa yang menjadi pemahaman dan pengetahuan tentang nama nama buah catur membuat penulis merasa campur aduk deh, antara rada bingung dan juga perasaan katro katro gimana gitu, soalnya ada beberapa perbedaan nama yang selama ini penulis kenal antara buah catur dengan apa yang disebutkan oleh Master Internasional Wanita yang dimiliki Indonesia, Chelsie Monica.

Baiklah inilah perbedaan nama tersebut, di barisan depan ada delapan buah catur, bentuknya paling kecil namun secara jumlah paling banyak diantara buah catur lainnya, orang awam seperti penulis menyebut buah catur itu sebagai prajurit, langkahnya juga sedikit cuma satu langkah, ternyata penyebutan buah catur bernama prajurit ini di sebut pion dan untuk istilah dalam bahasa Inggris dan mungkin di pakai dalam penyebutan oleh federasi catur internasional FIDE adalah pawn.

Lanjut ke baris kedua, paling pinggir di papan catur ada bentuk bulat mirip bangunan kastil, ada yang menyebut sebagai benteng, namun di kampung penulis malah populer disebut "bom" langkah si bom ini lurus tanpa kelok kelok, bom ada dua namun posisi awalnya paling pinggir dan mengisi papan catur warna putih dan hitam, nama resminya benteng dan istilah di bahasa Inggrisnya adalah rook.

Berikutnya adalah buah catur kuda, nah kalau ini mah semua sepakat menyebut buah catur ini sebagai kuda dengan tipikal jalannya membentuk huruf  "L", pergerakan kuda memang penuh kejutan dan acapkali merepotkan lawan. Nah buah catur selanjutnya adalah luncur, inilah sebutan populer bagi pecatur kelas kampung, buah catur dengan bentuk langsing ini bergerak miring mengikuti warna putih atau hitam, buah catur ini ada dua, si luncur ini di posisi awal berdiri antara kuda dan ster.

Ternyata penyebutan luncur berbeda dengan nama yang populer di dunia catur profesional, namanya adalah gajah, untuk ini jujur penulis baru tahu banget ternyata si luncur itu termasuk perwira buah catur bernama gajah, oh akhirnya baru tahu ada dua nama hewan yang punya posisi di buah catur yakni kuda dan gajah hehe.

Selanjutnya posisi buah catur adalah ster atau juga di sebut patih, ini adalah posisi buah catur yang paling suka suka banget untuk dijalankan, bisa miring, bisa luruh, bisa cuma langkahnya satu doang atau apa saja bisa deh kecuali niru langkah kuda yang membentuk huruf L. Sebutan populer bagi si ster alias patih ini di dunia catur resmi yang diakui Percasi dan FIDE adalah menteri atau istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah Queen.

Yang terakhir buah catur yang disebut adalah raja, bentuknya paling besar dan diapit oleh sepasukan ajudan yang siap menyelamatkan langkahnya, untuk sebutan raja udah bener nih, soalnya dah sama dengan sebutan yang ditetapkan Percasi hehe, untuk sebutan bahasa Inggris yaitu King dan jika diterjemahkan  ya raja raja juga. Langkah raja memang terbatas, cuma satu langkah namun bisa miring atau pun lurus, ini buah catur yang paling di incar lawan karena jika bisa menumbangkan raja maka permainan catur akan selesai.

Wah terima kasih ya Mbak Chelsie Monica, jadi tahu deh secara lengkap nama nama buah catur yang merupakan nama resmi digunakan federasi catur nasional maupun internasional. Ternyata di kolom komentar dalam akun Chelsie Monica, penyebutan nama nama buah catur bagi orang awam rata rata sama, benteng di sebut bom, luncur ya gajah, menteri disebut patih. Ah ternyata main catur itu seru juga.

Untuk prajurit atau pion jangan berkecil hati karena ada ketentuan buah catur paling mungil ini bisa menduduki jabatan tinggi lho, dengan syarat ia mampu jalan hingga ujung catur lawan, jika sudah sampai si pion bisa bersalin rupa menjadi benteng, gajah, kuda atau menteri jika salah satu dari mereka telah dikalahkan alias mati. Nah meski peran pion kerap dianggap sepele tapi jika ia rajin maka bisa naik pangkat lho, bravo pion eh prajurit deh.

VIDEO PILIHAN