Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Blogger Vlogger Buzzer Aktifis Buruh

Blogger,Vlogger, Buzzer,Aktifis Buruh

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menapak Jejak Wisata Di Kaki Gunung Ciremai Kuningan, Nginep Syantiknya Di Grand Cordela Dong

31 Maret 2020   23:50 Diperbarui: 1 April 2020   00:09 50 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menapak Jejak Wisata Di Kaki Gunung Ciremai Kuningan, Nginep Syantiknya Di Grand Cordela Dong
20200331-233213-5e837241d541df06586f1c63.jpg

Gerbang kota Kuningan, selamat datang di asyiknya wisata(dokpri)

Wilayah seluas 1.178,158 kilo meter persegi ini memasuki babak baru sebagai tempat tujuan wisata kekinian, bukti yang sahih adalah keberhasilan kabupaten Kuningan memaksimalkan kunjungan wisatawan di angka 4.735.410 pada tahun 2019 berdasar data dari Dinas Pemuda, Olah Raga dan Parawisata. Kuningan yang mempunyai motto Rapih Winangun Kerta Raharja terus bebenah dan hingga saat ini paling tidak mempunyai 146 objek wisata yang bisa dinikmati, membentang dari Luragung hingga Pasawahan, dari Mandirancan hingga Cisantana, menjelajahi spot spot terbaik mulai dari air terjun atau curug, situs bersejarah, pesona desa wisata,hutan pinus yang memanjakan mata adalah tempat tempat wisata yang kini mampu membuat wisatawan menuju Kuningan.

Kreatifitas dan terus berinovasi dalam menciptakan tempat wisata kekinian adalah kunci penting mengapa pilihan wisata harus mencicipi indahnya Kuningan. Jika tempat wisata sudah keren, pasti perlu juga sebuah tempat staycation seru setelah berpetulang menikmati spot spot cantik dan instagramable, salah satu yang patut di sebut adalah Omega Hotel Management yang mempunyai penginapan dengan nuansa terbaik. Pengalaman berwisata pun menjadi sangat menyenangkan.

Geliat Kuningan dalam memaksimalkan tempat wisata memang patut di acungi jempol, dalam sepuluh tahun terakhir, tempat tempat wisata di Kuningan terus mengalami perkembangan signifikan, desa desa di Kuningan mulai berinisiatif mempersolek desa sehingga layak untuk di kunjungi wisatawan, penulis yang besar di Kuningan, takjub dengan beragamnya tempat wisata yang merupakan desain dari tangan tangan terampil putra daerah, jangan heran akhirnya Kuningan kini menjadi tempat wisata alternatif yang diburu wisatawan karena kecantikan spot spot yang mampu viral di media sosial, inilah wajah Kuningan yang optimis mendulang keuntungan dari wisata kekinian namun tetap setia dengan kearifan lokal.

Tidak Punya Garis Pantai Tapi Piknik Tetap Asyik

20200331-233052-5e837415097f361c751a3232.jpg
20200331-233052-5e837415097f361c751a3232.jpg
Curug Sidomba yang mempesona(dok:kuningankab.go.id)

Diwilayah Selatan kabupaten Kuningan berbatasan dengan Ciamis dan kabupaten Cilacap yang masuk provinsi Jawa Tengah, sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Cirebon, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Brebes yang juga masuk provinsi Jawa Tengah dan wilyah barat berbatasan dengan Majalengka. Kuningan tak memiliki garis pantai namun bukan berarti tanpa adanya geliat wisata bahari, Kuningan akan mati gaya? Nggak juga tuh, minus garis pantai namun tempat tempat ciamik di Kuningan selalu menebar pesona terutama dengan wilayah yang memiliki kontur tanah dataran tinggi.

Piknik tetap asyik dilakukan lho meski deburan ombak dan pasir tak ada di Kuningan, jangan sedih karena nuansa air tetap bisa dinikmati, salah satu tempat wisata air yang terkenal di Kuningan adalah Waduk Darma, adapun luas Waduk Darma adalah 427 hektare, waduk yang pembangunannya di mulai sejak tahun 1924 ini adalah bagian penting dari lokasi wisata di Kuningan, bukan saja untuk irigasi dan juga air baku bagi masyarakat Kuningan, Waduk Darma merupakan salah satu tempat wisata ikonik di Kuningan, bersyukur saat ini Waduk Darma telah mengalami revitalisasi sehingga diharapkan Waduk Darma merupakan danau keren yang mampu menarik wistawan karena keelokannya.

Selain Waduk, tempat wisata yang perlu di singgahi di Kuningan adalah curug alias air terjun, air yang dingin nan bening adalah tipikal curug yang berada di Kuningan, ini wajar mengingat sumber airnya dari Gunung Ciremai, salah satu curug favorit pengunjung adalah Curug Sidomba yang begitu memikat, ada atraksi lainnya yang patut di jajal di Curug Sidomba sepeti flying fox, kolam renang, motor ATV yang bisa digunakan, mau ke Curug Sidomba? Yuk mampir di Peusing, Jalaksana.

Curug Sidomba bukan satu satunya curug nan elok di Kuningan, ada curug curug cantik lainya yang tak kalah memikat, salah satu yang pol polan kerennya adalah Air Terjun Lembah Cilengkreng yang berada di Pajambon, Kecamatan Kramatmulya dan salah satu yang top markotop dari curug ini adalah ada lho pemandian air panas dengan kejernihan air yang memukau. Curug yang patut ditandai lainnya adalah Curug Payung Palutungan, eloknya curug yang berada di Cisantana, Kecamatan Cigugur memang endes untuk dinikmati dengan pemandangan nan hijau yang nggak ngebosenin.

Sebenarnya masih banyak curug curug di Kuningan yang bisa di eksplor lebih lanjut, ada Curug Cisurian, Curug Putri Landung, Curug Ngelay yang keindahannya khas banget ala Kuningan, sejuk, dingin dan juga ngangenin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x