Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Minimalkan Sampah Plastik dalam Visit KBA Mapela TM 05

24 September 2019   10:35 Diperbarui: 24 September 2019   10:53 79 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minimalkan Sampah Plastik dalam Visit KBA Mapela TM 05
Ketua panitia Visit KBA, Sunyoto bersiap menerima peserta dari KBA sejabodetabek(dokpri)

Menikmati akhir pekan dengan mengunjungi perum Telaga Murni, Cikarang Barat. Tampak di gerbang perumahan terlihat banner berada di sisi kiri tiang, tertulis Kampung Berseri Astra, semakin menuju lokasi di RW 05 tampak keriaan yang terlihat.

Seorang berbicara melalui handie talkie, tampak sibuk mengatur acara, dia adalah Bapak Sunyoto yang merupakan ketua Mapela TM 05, si empunya hajat dalam acara Visit KBA Mapela TM 05.

Parade fashion show dari bahan daur ulang(dokpri)
Parade fashion show dari bahan daur ulang(dokpri)
Tempat parkir di masjid Raudhatul Jannah menampung para tetamu yang merupakan peserta visit KBA. Tercatat ada 13 Kampung Berseri Astra yang berasal dari wilayah Jabodetabek. 

Sebelum acara dimulai, peserta melakukan registrasi, ada empat meja registrasi dengan penanda warna pita yakni UMKM berwarna kuning, Kesehatan mengenakan pita merah, Pendidikan memakai pita biru, Lingkungan ditandai pita hijau, sedangkan peserta umum memakai pita merah muda, setiap peserta berhak mendapatka tumbler cantik sesuai warna pita.

Sarapan sehat dengan kuliner tiwul(dokpri)
Sarapan sehat dengan kuliner tiwul(dokpri)
Yang menarik, panitia visit menyediakan juga "welcome drink" air jahe hangat. 

Menjelang acara dimulai, para peserta visit berjalan menuju venue acara, sepanjang jalan sambutan warga RW 05 terlihat antusias, tetamu VIP mendapatkan kalungan bunga dan ada persembahan atraksi seni dan juga tarian selamat datang dari ibu ibu warga RW 05.

Sebuah panggung telah dipersiapkan, dan yang seru taktala panitia mempersilahkan peserta visit KBA 2019 mencicipi menu sarapan, kuliner tradisional seperti tiwul, jajanan pasar dan juga pecel turut disajikan. 

Disetiap helatan keramaian biasanya ada air minum dalam kemasan, namun penulis tak melihat satu gelas plastik pun di acara visit KBA, panitia menyiapkan cangkir jika peserta visit KBA ingin minum, sampah plastik pun diminimalisir.

Hadir dalam acara Visit KBA, Kepala Bidang Bina Pembangunan Desa, perwakilan Astra Internasional, PT Yutaka, Camat Cikarang Barat, Kepala Desa Telaga Murni. Setelah acara sambutan dilakukan kick off Launching Gemilang" Gerakan Minat Literasi Lingkungan Hidup."

Launching Gemilang
Launching Gemilang"Gerakan minat literasi lingkungan hidup"
Para peserta Visit KBA memulai kegiatan dengan berjalan kaki  dan melihat dari dekat aktifitas warga di perumahan Telaga Murni melakukan gerakan mencintai lingkungan, pembuatan kompos, penanaman hidroponik dan juga pemanfaatan air wudhlu menjadi pusat perhatian peserta visit.

 Ada juga lingkungan RT yang memiliki koleksi tanaman obat keluarga.
Selain itu para peserta visit saling sharing tentang pengalaman mereka mengelola lingkungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x