Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mapela TM 05 Gelar Lomba K7 di Lingkungan RW 05 Perum Telaga Murni

16 September 2019   09:08 Diperbarui: 16 September 2019   09:23 327 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mapela TM 05 Gelar Lomba K7 di Lingkungan RW 05 Perum Telaga Murni
Pelepasan balon pertanda dimulainya lomba K7 yang diselenggarakan Mapela TM 05(dokpri)

7Tenda telah terpasang, meja registrasi pun dipersiapkan, suasana didepan bank sampah RW 05 tampak lebih semarak, hari Minggu pagi yang cerah ketika Mapela TM 05 mengadakan event perlombaan K7 yang meliputi unsur penilaian Keimanan, Keamanan, Ketertiban, Kebersihan,Keindahan, Kerindangan, Kekeluargaan.

Lomba K7 yang diselenggarakan Masyarakat Peduli Lingkungan Asri Telaga Murni 05 melibatkan 8 RT yang berada di wilayah RW 05. Menurut ketua panitia, Sunyoto bahwa lomba K7 bukan melulu soal kalah menang dalam berkompetisi namun lebih mendorong partisipasi warga untuk lebih mencintai dan merawat lingkungan.

Tim juri berpoto bersama saat penilaian lomba(dokpri)
Tim juri berpoto bersama saat penilaian lomba(dokpri)
Untuk dewan juri lomba K7 adalah perwakilan dari Kecamatan Cikarang Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Ketua Bank Sampah Bekasi, KBA Guyub Rukun Karawang dan perwakilan dari PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

Sebelum lomba di mulai,dewan juri beserta undangan dipersilahkan menyantap hidangan sarapan berupa rebusan singkong, pisang, ubi dan juga perasan lemon hangat, sarapan zaman old yang menerbitkan selera.

Setelah sambutan sambutan acara dan briefing juri, acara penilaian lomba pun dimulai dengan penerbangan balon ke udara sebagai simbol dimulainya perlombaan K7 tingkat ke RW an 05 perumahan Telaga Murni.

Dewan juri beserta tamu undangan melakukan visit tour di semua RT yang berjumlah 8 RT, memutari lingkungan perumahan Telaga Murni khususnya RW 05 memberi pengalaman baru yang menarik dan juga kita bisa belajar tentang cara warga mendisiplikan diri merawat lingkungan dan juga menjaganya.

Titik pertama penjurian di mulai dari RT 02, disambut musik qasidah dipelataran mushola Al Ikhlas, selama visit tour jika di RT tertentu maka pihak RT yang di wakili masing masing ketuanya akan memandu dan menjelaskan pencapaian juga apa yang telah di lakukan warga.

Ketua RT 02 memaparkan keberhasilan warganya untuk penanaman pohon dan berdampak dengan rindangnya wilayah RT 02. Setelah berada di RT 02, rombongan dewan juri menuju ke wilayah RT 07, yang unik dari warga 07 adalah penyambutan dilakukan dengan menabuh galon kosong disertai yel yel dan kibaran bendera plastik merah putih.

Ketua RT 07 dengan bangga menyebut, warga telah berhasil melakukan normalisasi kali, sebelumnya kali yang melintasi wilayah RT 07 dipenuhi sampah dan tak terawat, namun berkat kerja keras seluruh warga, akhirnya kali terlihat rapi dengan aliran air yang lancar.

Program unggulan RT 07 lainnya yakni mempunyai bak pembibitan dan budidaya ikan lele, setelah di jamu minuman dan makanan ringan, dewan juri menuju RT 06.

 Disambut aneka payung warna warni, tarian Indang(Dindin Badindin) serta kuda lumping ketika memasuki RT 06, dewan juri pun ikutan nari kuda lumping sehingga acara pun terlihat seru dan juga atraktif. Program unggulan RT 06 adalah pengadaan komposter dan penempatan karung disetiap rumah untuk bank sampah, pemanfaatan bahan daur ulang untuk tempat belanja juga menjadi andalan RT 06.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN