Mohon tunggu...
Her Wanto
Her Wanto Mohon Tunggu... asli

FMM

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Sarapan Murah, Bergizi Lengkap Menu Tepat Saat Pandemi

7 April 2020   09:14 Diperbarui: 8 April 2020   22:39 48 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sarapan Murah, Bergizi Lengkap Menu Tepat Saat Pandemi
Dokpri. Sarapan pagi ini

Ditengah situasi pandemi, kita harus pintar antara menekan pengeluaran tapi tetap bermanfaat. Dari mencancel semua biaya bulanan untuk refreshing, perlengkapan diri, perlengkapan rumah dan pemenuhan hobi. Yang harus kita perhatikan dari menu makan kita sehari-hari, saat pandemi seperti sekarang ini, menjaga pola hidup bersih dan sehat itu suatu keharusan, agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga. 

Maka pengetahuan akan menu makanan dan kandungan dari makanan itu sendiri menjadi teramat penting. Dengan biaya sekecil-kecilnya tapi tetap mengandung kaya akan gizi atau dalam bahasa kesehatan adalah menu seimbang. Sekarang kita harus lebih pintar memanfaatkan makanan alami yang ada di sekitar rumah kita. Allah menciptakan semua tumbuhan, untuk memberikan nilai manfaat yang amat besar untuk kelangsungan hidup umat manusia.

Menu sarapan pagi harus yang bergizi tinggi, sebab sarapan sangatlah penting, untuk menjaga kondisi tubuh kita disiang hari. Sebagai contoh sarapan pagi kini, keluarga kami mengkreasikan menu tempe goreng, ikan Cue goreng, sayur bening dengan bahan daun kelor, labuh (waluh), wortel dengan bumbu cukup bawang merah dan kunci. 

Menu ini sungguh semuanya bergizi tinggi, ada protein nabati dari tempe, protein hewani dari ikan, labuh (waluh) yang kaya akan serat, wortel yang kaya vitamin A dan daun kelor yang sangat kaya akan kandungan gizi.

Dengan biaya sangat murah bisa makan untuk satu keluarga pagi dan siang. Tempe yang 1 lonjor hanya Rp. 5ribu bisa untuk 2-3 kali masak, ikan dengan Rp 10 ribu dapat 5 potong bisa untuk makan seharian pagi sd petang, labuh yang hanya Rp 5 ribu bisa untuk 3 kali masak, wortel Rp 2 ribu satu kantong bisa untuk campuran masakan sampe 4 kali masak dan daun kelor yang tinggal memetik di kebun atau kalau tidak punya bisa minta ke tetangga. Dengan Rp. 22.000 kita mendapatkan makanan yang bergizi tinggi dan bisa dimakan satu keluarga sampai 2 kali (pagi dan petang).

Manusia itu harus rajin untuk menanam, dengan menanam kita telah menabung untuk dunia dan akhirat. Penuhi taman rumah mu dengan tanaman sayur, tanaman obat dan diselingi bunga untuk membuang kebosanan. Menu makan kita setiap hari harus diseling dengan berbagai sayuran, lauk pauk tentunya dengan kreasi yang baik dalam perpaduan agar kita tidak bosan.

Mari kita mendekat kepada alam, yang sudah disediakan untuk kita dan mari tetap jaga keberlangsungannya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini kita harus makan makanan bergizi, jaga kebersihan, hindari bertemu dengan orang lain, dan pakailah masker saat keluar rumah terutama bagi orang yang sedang sakit. Mari belajar membuat menu makan yang beragam agar tidak membosankan dan tetap panjatkan Do'a agar pandemi ini cepat berlalu.

KBC-04

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x