Mohon tunggu...
Topan Mega Ramadhan
Topan Mega Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelas Leadership Semester Antara Senin dan Kamis 07.30

201870086

Selanjutnya

Tutup

Worklife

6 Hal yang Bisa Memotivasi dalam Bekerja

31 Juli 2021   02:57 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:06 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Hal yang Bisa Memotivasi dalam Bekerja
ilustrasi motivasi sumber : https://www.bola.com/

Sulit untuk seseorang dapat menikmati suatu pekerjaan dan fokus dalam menjalani tugas dengan hasil yang optimal tanpa adanya motivasi yang tepat. Karena motivasi sangat membantu seseorang bersaing dengan kompetitor.Tentu pemimpin juga harus ada peran untuk memotivasianggotanya agar anggota bisa berjalan dengan baik. Setiap harinya, ada ribuan orang yang mencari pekerjaan dengan wawasan dan semangat yanng sangat tinggi. Dengan tidak adanya motivasi, sangat mustahil bagi seseorang untuk bertahan dan sukses dalam pekerjaannya.

Untuk memicu semangat akan bekerja maka ada 6 hal yang bisa memotivasi seseorang bekerja. Mana motivasi yang kamu gunakann?

1. Motivasi untuk Pendapatan

Ilustrasi Motivasi pendapatan sumber : www.suara.com
Ilustrasi Motivasi pendapatan sumber : www.suara.com

Ketika seseorang memasuki dunia kerja maka tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pendapatan. Karena memang sudah jadi kebutuhan bagi hidup seseorang untuk mendapatkan pendapatan sehingga dapat membuat seseorang menjdi rajin dalam bekerja, dan salah satu kebahagiaan dalam hidup adalah memiliki pendapatan agar dapat menyambung kehidupan. Motivasi jenis ini memang menjamin akan pendapatan setiap bulannuya karena menjadi tuntutan sehingga seseorang bisa bekerja. Dengan adanya pendapatan maka seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidup baik sandang, pangan dan papan.

2. Motivasi untuk Jabatan

Ilustrasi motivasi jabatan sumber : baladena.id
Ilustrasi motivasi jabatan sumber : baladena.id

Motivasi ini biasanya akan bekerja dan mempelajari lebih dari kemampuannya, karena seseorang yang menggunakan motivasi ini ingin menjadi yang terbaik di posisinya demi mendapatkan jabatan yang diinginkannya. Motivasi ini juga memaksa diri untuk berasing dengan rekan di timnya dan mendapatkan keunggulan dari timnya. Oleh karena itu seseorang akann meningkatkan kemampuannya dalam bekerja  untuk mendapatkan jabatan yang diinginkannya. Motivasi ini juga berguna untuk seseorang yang ingin mendapatkan tantangan baru di tempat yang lain.

3. Motivasi untuk Karya

Seseorang dengan idelis yang tinggi biasanya akan mementingkan karya daripada penghasilannya, Motivasi jenis ini biasanya membuat seseorang mengeluarkan kemampuan terbaiknya, karena dengan kemampuan terbaiknya lah akan menghasilkan karya - karya yang ia inginkan. Seseorang yang menggunakan motivasi ini juga biasanya bertanggung jawab akan pekerjaannya. Motuvasi ini jarang dimiliki oleh seseorang, ia menikmati pekerjaannya dan tidak memposisikan diri sebagau pekerja tetapi sebagai kewajiban.

4. Motivasi untuk Experience

Beberapa orang bekerja untuk mendapatkan pengalaman untuk dijadikannya batu loncatan ke pekerjaan yang sesungguhnya. Biasanya orang seperti ini tidak mementingkan pendapatan yang ia dapatkan karena pekerjaannya ini hanya dijadikan batu loncatan. Seseorang seperti ini juga biasanya sudah memiliki rencana dalam jangka yang panjang, ia memikirkan pekerjaan yang cocok untuk menunjang ke pekerjaan selanjutnya atau pekerjaan yang ia dambakan. Motivasi ini biasannya untuk pekerja yang masih berproses. Dengan begitu mereka medapatkan pengalaman atau experience dan berpeluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN